Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Home Industri Olahan Ikan
Abstract
Penilaian IKM memiliki peranan penting dalam mewujudkan keberhasilan program pengembangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Studi Kualitatif Kepuasaan Masyarakat Terhadap Program Home Industri Olahan Ikan PT. Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Bitung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat tiga informan dalam penelitian ini yaitu informan kunci (fasilitator), informan utama (peserta program) dan informan tambahan (stakeholder dan masyarakat di wilayah program). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait relevansi program diketahui bahwa masyarakat sudah sangat puas dengan program home industri olahan ikan. Manfaat yang dirasakan adalah peningkatan kapasitas diri dan juga peningkatan taraf ekonomi. Sebagian besar peserta program sudah sangat puas dengan isi program pendampingan. Menurut peserta program prosedur dan persyaratan menjadi anggota sudah sangat baik. Begitu juga dengan kinerja fasilitator yang sudah sangat baik. Namun kendala utama yang dihadapi peserta program home industri olahan ikan adalah harga ikan yang sangat mahal dan pembatasan pembelian pembelanjaan. Sehingga perlu adanya inovasi pengolahan ikan lainnya seperti pembuatan bakso ikan, nugget, maupun produk dengan bahan selain dari ikan tuna
References
Cendana A G, Oktariaynda. Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Jurnal Publika. 2022; 10 (4) : 1089 – 1100.
Dahmiri. Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Kantor Camat Kecamatan Sarolangun. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 2019; 11 (1) :1 – 9.
Damayanti D, L., Rai Suwena, K., Akhmad Haris, I. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. 2019; 11 (1), 21–32. https://doi.org/10.23887/JJPE.V11I1.20048
Doramia Lumbanraja, A. Urgensi Transformasi Pelayanan Publik melalui EGovernment Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrative Law and Governance Journal. 2020; 3 (2), 220–231. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.220-231
Hernikawati D. Public Satisfaction Index Of Data Communication Services In PJKKD Batan. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 2018; 22 (1) : 29 – 44.
Hidayah, D.,D. Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. 2020; 7 (1) : 28–34.
Nasrizal, Raid N, Yasmaerdi F. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Era COVID 19. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. 2021; 8 (2) : 123 – 130. https://doi.org/10.37606/publik.v8i2.209
Nopiyanti N, Warsono H, Rihandoyo R. Analisis Indeks Kepuasaan Masyarakat Pada Pelayanan Perijinan di Bdan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpada Satu Pintu (BPMPPTSP) Kabupaten Semarang. Jurnal Tinjauan Kebijakan Publik dan Manajemen. 2018; 4 (3) : 1 – 11. https://doi.org/10.14710/jppmr.v4i3.8665
Nguyen, Quang et al. Understanding Customer Statification in the UK Quick Service Restaurant Industry: The Influence of the Tangible Attributes of Perceived Service Quality. British Food Journal. 2017; 120 (6), 1207-1222. https://doi.org/10.1108/BFJ-08-2017-0449
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Ramadhani, P. A. Pengaruh Kualitas Website Dalam Layanan E-Kios Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Nginden Jangkungan Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. 2016; 2 (2) : 355 - 372. https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.995
Riyadi, S., Hermawan, A., & Sumarwan, U. Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Indramayu. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen. 2015; 8 (1) : 49-58. https://doi.org/10.24156/jikk.2015.8.1.49
Saputra, T. Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah. 2016; 4 (2) : 89- 100. https://doi.org/10.22437/ppd.v4i2.3584
Sulistyo, I. N., & Sotya Partiwi Ediwijoyo. Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis : Ekonomi Bisnis. 2020; 4 (2), 276-286. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.386