Pemantauan Indeks Massa Tubuh dan Persen Lemak Tubuh dalam Pencegahan Obesitas

  • Hardyanti Pratiwi Prodi Gizi, Universitas Megarezky, Makassar
    (ID)
  • Mutia Rochma Prodi Gizi, Universitas Megarezky, Makassar
    (ID)
  • Astry Nurahmi Prodi Gizi, Universitas Megarezky, Makassar
    (ID)
Keywords: indeks masssa tubuh, persen lemak tubuh, obesitas

Abstract

Obesitas merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukan adanya penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal. Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, prevalensi obesitas pada penduduk Indonesia berusia > 18 tahun semakin meningkat dari tahun 2013 sebesar 15.4% menjadi 21.8% ditahun 2018. Masalah kelebihan berat badan hingga obesitas merupakan faktor penting yang harus selalu dipantau karena merupakan faktor resiko penyakit-penyakit tertentu yang selanjutnya dapat mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional berlangsung selama satu hari di Pelataran Universitas Megaresky dengan kegiatan berupa penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pengukuran lemak tubuh. Peserta dengan indeks massa tubuh dan persen lemak tubuh diatas normal diberikan edukasi secara lisan terkaiat berat badan dan lemak tubuh yang ideal. Peserta dapat mengetahui status gizi dan persen lemak tubuh mereka sehingga mereka dapat mengupayakan untuk mencapai status gizi yang normal bagi peserta dengan kategori status gizi kurang atau obesitas serta mempertahankan status gizi yang sudah normal.

References

Jansen Ongko (2019). https://apki.or.id/pentingnya-persentase-lemak-tubuh
Harjatmo, T. P., Par’i, H. M., & Wijoyo, S. (2017). Penilaian Status Gizi. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusa Kesehatan, Jakarta.
Inandia, K. (2012). Kejadian Obesitas Berdasarkan Persen Lemak Tubuh dan Rasio Lingkar Pinggang Pinggul serta Faktor-Faktor Lain yang Berhubungan pada Prelansia dan Lansia Kelurahan Depok Jaya, Depok, 2012 [Skripsi, Universitas Indonesia].
Lembaga Penerbit Balitbangkes. (2018, Desember). Laporan Nasional RISKESDAS 2018.
Lembaga Penerbit Balitbangkes. (2018, Desember). Laporan Provinisi Sulawesi Selatan RISKESDAS 2018.
Rahmida, Y. P. (2016). Hubungan antara Jenis Pekerjaan dengan Obesitas penduduk Dewasa di Daerah Perkotaan di Indonesia (Analisis Dta Indonesian Family Life Survey Gelombang Ke-5) [Thesis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta].
Septiyanti, & Seniwati. (2020). Obesitas dan Obesitas Sentral pada Masyarakat Usia Dewasa di Daerah Perkotaan Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(3), 118-127.
Setiowati, A. (2014). Hubungan Indeks Massa Tubuh, Persen Lemak Tubuh, Asupan Zat Gizi dengan Kekuatan Otot. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan, 4(1), 32-38.
Suiaroka, I. P. (2012). Penyakit Degeneratif. NuMed, Yogyakarta
Susantini, P. (2021). Hubungan Indeks Masa Tubuh dengan Persen Lemak Tubuh, dan Lemak Viscelar di Kota Semarang. Jurnal Gizi Unismus, 10(1), 51-59.
Published
2022-08-30
How to Cite
Pratiwi, H., Rochma, M., & Nurahmi, A. (2022). Pemantauan Indeks Massa Tubuh dan Persen Lemak Tubuh dalam Pencegahan Obesitas. Sociality: Journal of Public Health Service , 1(1), 53-60. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/sjphs/article/view/32460
Section
Artikel
Abstract viewed = 603 times