Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah melalui Pelatihan dan Pembuatan E-Modul Pada Mahasiswa Gizi UNSULBAR
Abstract
Kemampuan menulis sangat penting untuk dimiliki serta kegiatan menulis dapat dijadikan sebagai budaya, sebab dengan kemampuan tersebut seseorang dapat menuangkan ide-ide dan gagasan dengan sistematis dan runtun dalam bentuk karya ilmiah, serta dapat memperluas cakrawala dan mendorong penulis untuk meningkatkan kemampuan berpikir. Karya tulis yang dihasilkan juga akan menjadi pengikat gagasan, ide dan kreatifitas yang penulis miliki. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk mengadakan kegiatan dalam bidang pendidikan dan menginformasikan kepada mahasiswa terkait sistematika penulisan skripsi Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan. Pada pelatihan ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta Pelatihan tentang pentingnya kemampuan menulis karya ilmiah agar memudahkan dalam menyelesaikan tugas akhir. Pelatihan tentang Penulisan karya ilmiah dapat diterima dengan baik setelah adanya pemberian pelatihan dan pengenalan e-modul
References
Aristo, T., & Verawanto, J. (2019). Stimulating Student’s Interest in Listening through Western Music (PkM). Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.31932/jpmk.v2i1.424
Bahtiar, A., Nuryani, & Huda, S. (2019). Khazanah Bahasa: Memaknai Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar (1st ed). In Media.
Boeriswati, E. (2019). Penilaian authentic berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaraan Di Era Digital, 53(9), 1689–1699.
Hudaa, S. (2018). Optimalisasi Bahasa: Penggunaan Bahasa yang Baik, Logis, dan Santun di Media Massa. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 62–74. https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.5953
Hudaa, S., Djihadah, N., & Firdaus, W. (2021). Kesalahan berbahasa yang dianggap kelaziman dalam karya tulis ilmiah. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 69–84.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20. https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/271
Kusworo, K., Hamda, N., Yuni Rahayu, P., Indra Gunawan, H., & Jaya, F. (2021). Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti di Provinsi Banten. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(2), 19–29. https://doi.org/10.33753/ijse.v1i2.12
Mahsun. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) pada Siswa Kelas VI SDN Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 140–149.
Musaljo, Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). Semnasfip, 32–39.
Naningsih, H., Khair Anwar, K., & Aswita. (2022). Pembinaan Kader Posyandu dalam Pencegahan Stunting. AMJPM, 1(2), 68–72. http://journal.ahmareduc.or.id/index.php/
Pebriana, P. H., Pahrul, Y., & Mufarizuddin, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 9–12. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.34
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, 3(1), 39. https://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2165