Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Santri TPA Nurul Muallim Kab. Gowa
Abstract
Sekolah memiliki peran penting dalam mendidik santrinya dalam menerapkan perilaku kesehatan. Untuk itu, selama pandemi ini sangat penting menerapkan cuci tangan pakai sabun (CTPS) di lingkungan sekolah untuk mencegah terjadinya penularan Covid 19. Kebiasaan mencuci tangan pakai sabun perlu diajarkan sejak dini. Hal ini diharapkan untuk memberikan contoh kepada lingkungannya. Tujuan penyuluhan ini untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu cuci tangan pakai sabun (PHBS) pada santri TPA Nurul Muallim Kab. Gowa. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, memberikan leaflet dan mendengarkan audio kepada santri. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan santri terkait cuci tangan pakai sabun setelah dilakukan penyuluhan. Diharapkan kepada pihak TPA dapat memberikan dukungan pada anak-anak untuk membiasakan diri cuci tangan pakai sabun (CTPS) di lingkungan sekolah dengan menyediakan fasilitas cuci tangan. Hal ini dikarenakan untuk menerapkan kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS) harus ditunjang dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang baik.
References
Fadiah, T., & Tirtayanti, S. (2020). Dengan Metode Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Kemampuan Cuci Tangan Di Sd Negri 95 Palemban The Influence Of Soap Use Of Hand Wash Training ( Ctps ) With Audiovisual Method. Jurnal Kesehatan Masyarakat Aceh, 6(1), 49–53Kemenkes. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun. In Kesehatan Lingkungan. Https://Kesmas.Kemkes.Go.Id
Kemenkes Ri. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 2269/Menkes/Per/Xi/2011 Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). In Kementerian Kesehatan Ri.
Natsir, M. F. (2018). Pengaruh Penyuluhan Ctps Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sdn 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (Jnik), 1(2), 1–9.
Setiawan, D. I., Asmarani, F. L., & Sari, D. R. (2017). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Bernyanyi Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Pakai Sabun ( Ctps ) Pada Siswa Tk Pkk Indriarini Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 4(3), 232–237.
Simatupang, R., & Simatupang, M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Air Mengalir Anak Sd Di Sekolah Dasar Negeri 157019 Pinangsori 12 Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun 2018. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(1), 67–73. Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V2i1.295
Smith, L., Butler, L., Tully, M. A., Jacob, L., Barnett, Y., López-Sánchez, G. F., López-Bueno, R., Shin, J. Il, Mcdermott, D., Pfeifer, B. A., Pizzol, D., & Koyanagi, A. (2021). Hand-Washing Practices Among Adolescents Aged 12–15 Years From 80 Countries. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 18(1), 1–15. Https://Doi.Org/10.3390/Ijerph18010138
Triana, W., Verza, E., & Razi, P. (N.D.). The Effect Of Emotional Demonstration Methods And Video Learning On Hand Washing On Knowledge And Skills Of Housewives.
Yuliani, L. E., Kusumaningtiar, D. A., & Wekadigunawan, C. S. P. (N.D.). Pengaruh Program Promosi Intervensi Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengetahuan Santri Di Sekolah Dasar Jakarta