Evaluasi Intervensi Non-Fisik Hipertensi dan Pembuangan Limbah (Mandi/Cuci) ke Got di Kelurahan Winangun Satu Lingkungan III dan IV

  • Sri Seprianto Maddusa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Resika Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Brian Septian Palembo Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Liliany Tatambihe Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Chikita Amanda Ibur Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Lisnawati Valencia Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
  • Abril Loisa Isabel Wowor Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi, Manado
    (ID)
Keywords: Evaluasi, Kuesioner, Intervensi

Abstract

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan dari intervensi non-fisik yang telah dilakukan sebelumnya. Evaluasi program merupakan rangkaian kegiatan dengan sengaja dan secara cermat untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan atau atau keberhasilan suatu program dengan cara mengetahui efektifitas masing-masing komponennya. Jenis evaluasi yang digunakan adalah evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif merupakan evaluasi setelah suatu skema (rancangan) program/proyek telah selesai dilakukan. Metode yang digunakan dalam evaluasi ini yaitu, pengisian kuesioner, wawancara, pengamatan dan observasi. Dimana pengisian kuesioner post-test II dijalankan saat evaluasi dengan responden evaluasi program intervensi hipertensi non-fisik adalah 11 dan intervensi non-fisik pembuangan limbah (mandi/cuci) ke got adalah 16.

References

Mirwati, Ali, S., & Saludung, J. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Kimia pada SMA Negeri 3 Watansoppeng. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1-9. https://ojs.unm.ac.id/assesment/article/view/1781
Permatasari, P., & Widodo, S. (2021). Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Sleman: DEEPUBLISH. https://books.google.com/books/about/Perencanaan_dan_Evaluasi_Kesehatan.html?hl=id&id=WeROEAAAQBAJ
Sardjo, S., Darmajanti, L., & Boediono, K. C. (2016). Implementasi Model Evaluasi Formatif Program Pembangunan Sosial (EFPPS): Partsipasi Multipihak dalam Evaluasi Program. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=43oADgAAQBAJ&pg=PA3&dq=evaluasi+sumatif+adalah&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwi_6KSz1_X8AhWUR2wGHZ86Da4Q6AF6BAgGEAM#v=onepage&q=evaluasi%20sumatif%20adalah&f=false
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.com/books/about/EVALUASI_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA.html?hl=id&id=lmiuDwAAQBAJ
Published
2023-02-27
How to Cite
Sri Seprianto Maddusa, Resika, Brian Septian Palembo, Liliany Tatambihe, Chikita Amanda Ibur, Lisnawati Valencia, & Abril Loisa Isabel Wowor. (2023). Evaluasi Intervensi Non-Fisik Hipertensi dan Pembuangan Limbah (Mandi/Cuci) ke Got di Kelurahan Winangun Satu Lingkungan III dan IV. Sociality: Journal of Public Health Service , 2(1), 70-73. https://doi.org/10.24252/sociality.v2i1.36083
Abstract viewed = 112 times