Penyelesaian skripsi mahasiswa pada masa pandemi Covid-19 di UIN Alauddin Makassar
Abstract
Salah satu faktor yang menghambat penyelesaian studi mahasiswa adalah penyelesaian tugas akhir yaitu penulisan skripsi. Tujuan Studi ini adalah untuk mengetahui faktor Internal dan ekstenal yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pada masa pandemi covid 19 Prodi Kesehatan Masyarakat UIN Alauddin Makassar Tahun 2021. Studi ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif minimal semester 8, sudah bebas kuliah, dan memprogram skripsi yaitu sebanyak 193 mahasiswa. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa dengan metode penarikan sampel accidental sampel. Studi ini menunjukkan bahwa faktor eksternal dalam penyelesaian skripsi mahasiswa yaitu Dukungan Keluarga (47.1 %), Administrasi skripsi (18,4%), Kualitas pembimbingan (25,7 %), Pandemi Covid 19 (40%). Sedangkan faktor internal yaitu faktor managemen waktu (35.7%), kesibukan (40%), kemampuan menulis skripsi (51.4%), faktor motivasi (38.6%), faktor kesehatan (58.6%) dan faktor IPK (64.3%). Hasil studi ini menyarankan perlunya dukungan keluarga baik secara kesehatan, finasial maupun moril dalam menyelesaikan skripsi.
References
Andhika, R. F., Lismayanti, l., & Falah, M. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan lansia dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada lansia di tasikmalaya. Healthcare nursing journal,1(2).
AIPTKMI. (2014). Sosialisasi Kurikulum Nasional S1 Kesmas_2014.
Azrizal, I. (2020). Deskripsi Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Asmawan, A. (2017). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 51-57. DOI: 10.2317/jpis.v26i2.3331
Dolan, P. & Canavan, J. (2006). Family support as reflective practice. London: Jessica Kingsley Publishers.
Elfredo D,. R. (2015). Faktror-Faktro yang Mempengaruhi Keterlambatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP. Journal of Mechanical Engineering Education, 3.
Fathonah, S., Wahyuningsih, S. E., Wahyuningsih, U., Teknologi, J., & Semarang, U. N. (2011). Determinan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK. Jurnal Kompetensi Teknik.
Febrina, W., Arif, M., & Andriansyah, A. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. Jurnal Unitek, 12(2), 107–114. https://doi.org/10.52072/unitek.v12i2.53
Fitri, H. (2020). Klasifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masa Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Dengan Metode CHAID Di Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 6(1), 9–22. https://doi.org/10.24014/jsms.v6i1.9248
Hariyadi, S., Haris, A., Anto, F., & Sari, W. A. (2017). Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa S1 Psikologi Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 155–160. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.11752
Hartanto, U., & Aisyah, M. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi mahasiswa pendidikan akuntansi UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1).
Ilmiati, M., Sari, N. P., & Sholihat, N. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Motivasi Mahasiswa Pada Saat Menyelesaikan Skripsi. Healthcare Nursing Journal, 3(2), 125-131.
Juita, D. (2020). Kualitas proses bimbingan skripsi mahasiswa jurusan tadris biologi aiain kerinci di masa pandemi covid 19. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 135–143. https://doi.org/10.35568/healthcare.v3i2.1336
Mendikbud RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, 1–76.
Nurhindazah, D. & Kustanti, E.R. 2016. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua DenganAdversity Intelligence Pada Mahasiswa Yang Menjalani Mata Kuliah Tugas Akhir Di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(4), 645-652
Pasaribu, M. X. N., Harlin, & Syofii, I. (2016). Analisis kesulitan penyelesaian tugas akhir skripsi pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(No 1), 24–28. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/download/5346/3630
Pratiwi, D. E., & Roosyanti, A. (2019). Analisis faktor penghambat skripsi mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar universitas wijaya kusuma surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 101-114. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Puspitaningrum, Yunia. 2017. Dukungan Sosial Keluarga Dalam Memotivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017
Rahman, M. S. (2020). Determinasi Faktor Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Stai Rasyidiyah Khalidyah Amuntai M. Al-Risalah, 16(1).
Rusmawati, K. R., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terhambatnya Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/2299
Suciani, D. & Rozali, Y.A. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2)
Widarto, W. (2017). Faktor Penghambat Studi Mahasiswa yang Tidak Lulus Tepat Waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16001
Wijayanti, L. N. (2020). Analisis Permasalahan Mahasiswa FKIP UMS Dalam Penyelesaian Skripsi Selama Pandemi COVID-19 Tahun Akademik 2019/2020. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).