Pengetahuan dan sikap masyarakat berkaitan dengan tindakan penggunaan garam beryodium di Dusun Galumbaya Kabupaten Takalar

  • Dian Yuliawati Darwis Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Widya Awalia Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Nurul Azizah Hamid Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Wirda Wahyu Ningsih Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Sitti Raodhah Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Emmi Bujawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Garam beryodium, Pengetahuan, Gaky

Abstract

Kekurangan yodium menyebabkan prestasi sekolah dan IQ kurang yang mana jika terjadi dalam jangka panjang dapat berdampak pada status gizi yang jelek. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan tindakan penggunaan garam beryodium di tingkat rumah tangga di Dusun Galumbaya Desa Ujung Baji Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Dusun Galumbaya dan jumlah sampel yaitu sebanyak 34 sampel. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian pada variabel pengetahuan diperoleh P value yaitu 0,000 dimana < 0,05 artinya terdapat hubungan antara pengetahuan dengan tindakan penggunaan garam beryodium di dusun Galumbaya. Pada variabel sikap diperoleh P value yaitu 0,000 dimana < 0,05 artinya terdapat hubungan antara sikap dengan tindakan penggunaan garam beryodium di dusun Galumbaya. Diharapkan lebih meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi garam beryodium guna menanggulangi GAKY misalnya melalui kegiatan penyuluhan, yang diharapkan dapat menjadi dasar untuk memperkuat perilaku mereka dalam penggunaan garam beryodium.

Author Biography

Emmi Bujawati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Akbar, H., Nur, N. H. H., Sarman, S., & Paundanan, M. (2021). Pengetahuan Ibu Berkaitan dengan Penggunaan Garam Beryodium di Tingkat Rumah Tangga di Desa Muntoi Kecamatan Passi Barat. Infokes, 11(2), 389-393.

Akhiruddin, M. (2011). Analisis Kadar kalium Iodat (KIO3) Dalam Garam Dapur Dengan Menggunakan Metode Iodometri Yang Beredar Di Pasar Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Chahyanto, B. A., Purba, D. D., & Sasmita, R. (2017). Penggunaan Garam Beriodium Tingkat Rumah Tangga di Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 27(2), 125-132.

Damanik, Y. S. (2019). Hubungan pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga dengan penggunaan garam beryodium. Jurnal Penelitian Kesmasy, 1(2), 54-57.

Mawardi, R. A., & Pratama, M. R. (2023). Peran Social Enterprise sebagai Inovasi Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Studi Inovasi, 3(1).

Miko, A. (2019). Peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan ibu tentang kandungan iodium dalam garam konsumsi rumah tangga pada daerah pesisir dan pegunungan. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(2), 99-110.

Miko, A. (2021). Sosialisasi pentingnya penggunaan garam yodium untuk mengatasi anak pendek di Desa Lambaro Kueh Kecamatan Lhoknga. Jurnal PADE: Pengabdian & Edukasi, 3(2), 67-75.

Muftiana, E., & Munawaroh, S. (2016). Kadar Yodium Garam Rumah Tangga di Desa Krebet Kabupaten Ponorogo. Jurnal Keperawatan, 7(1), 22-26.

Nurasiah, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Kader Sebagai Upaya Optimalisasi Posyandu Remaja Di Desa Bayuning Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. IAKMI Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(2), 75-80.

Nurlila, R. U., La Fua, J., & Meliana, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi pada Siswa di SD Kartika Xx-10 Kota Kendari Tahun 2015. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 94-119.

Pradono, J., & Sulistyowati, N. (2014). Hubungan antara tingkat pendidikan, pengetahuan tentang kesehatan lingkungan, perilaku hidup sehat dengan status kesehatan (studi korelasi pada penduduk umur 10-24 tahun di Jakarta Pusat). Buletin penelitian sistem kesehatan, 17(1), 89-95.

Sihombing, I. M. (2020). Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Terhadap Garam Beryodium. Jurnal Ilmiah Cerebral Medika, 2(1), 2-2.

Yunawati, I., Lisnawaty, L., Karimuna, S. R., Jafriati, J., & Paridah, P. (2021). Penyuluhan dan uji kandungan iodium pada garam tingkat rumah tangga di wilayah pesisir Abeli Kota Kendari. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3), 301-312.

Published
2023-08-14
How to Cite
Darwis, D. Y., Awalia, W., Hamid, N. A., Ningsih, W. W., Raodhah, S., & Bujawati, E. (2023). Pengetahuan dan sikap masyarakat berkaitan dengan tindakan penggunaan garam beryodium di Dusun Galumbaya Kabupaten Takalar. Sociality: Journal of Public Health Service , 2(2), 82-87. https://doi.org/10.24252/sociality.v2i2.40367
Section
Artikel
Abstract viewed = 242 times