Menciptakan Lingkungan Belajar dengan Latar Motivasi Dalam Belajar dan Pembelajaran Menuju Terbentuknya Perkembangan Pribadi, Sosial dan Moral Pada Anak Didik
Abstract
Pembahasan tentang “Menciptakan Lingkungan Belajar dengan Latar Motivasi dalam Belajar dan Pembelajaran Menuju Terbentuknya Perkembangan Pribadi, Sosial dan Moral” dalam jurnal ini, difokuskan pada buku karangan Anita Woolfolk dengan judul Educational Psychology: Active Learning Edition, yang dikembangkan dengan melihat manfaat penting dari chapter tersebut disertai dengan implikasinya dalam pendidikan dan pengajaran di sekolah.
Lingkungan belajar yang positif harus diciptakan dan dipertahankan sepanjang tahun. Salah satu caranya adalah mencegah timbulnya masalah yang dapat mengganggu pembelajaran. Dalam hal ini diperlukan respon yang tepat dari guru ketika menghadapi berbagai problem yang dialami oleh siswa.
Para ahli pendidikan setuju bahwa motivasi siswa merupakan salah satu tugas kritis pengajaran. Sebagian psikolog menjelaskan motivasi dalam kaitannya dengan trait (ciri-sifat) personal atau karakteristik individu. Orang-orang tertentu menurut teori ini, memiliki kebutuhan yang kuat untuk berprestasi, takut menghadapi tes, atau minat yang tidak pernah padam pada seni (jadi mereka bekerja keras). Psikolog lain melihat motivasi sebagai state (keadaan), sebuah situasi temporer. Motivasi pada waktu tertentu biasanya merupakan kombinasi antara trait dan state.
Perkembangan pribadi, sosial dan moral merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Setiap anak memiliki perkembangan pribadi, sosial dan moral yang berbeda-beda. Pembelajaran yang ideal tentunya mengarah kepada pembentukan pribadi setiap siswa, yang diharapkan mampu melakukan sosialisasi dengan lingkungannya berdasarkan nilai-nilai moral yang ada dalam masyarakat. Oleh karena itu, guru dalam hal ini dituntut untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pembentukan pribadi, sosial dan moral siswa.
Downloads
References
Bandura, A., 1997. Celf-Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.
Berk, L. E. 2005. Infants, Children and Adolescents (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Brophy, J. E. 1981. Teacher Praise: A Functional Analysis. Review of Educational Research.
_________. 1985. Teachers-student interaction. Dalam J. Dusek (Ed.). Teacher Ecpectancies. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum.
Brophy & Evertson. 1978. Context Variables in Teaching: Educational Psychologist.
Byrne, B. M., 2002. Validating the Measurement and Structure of Self-Concept: Snapshots of Past, Present, and Future Research American Psychologist.
Cook, J. L., & Cook, G. 2005. Child Development: Principles and Perspectives. Boston: Allyn and Bacon.
Damon, W., 1995. Fair Distribution and Sharing: The Development of Positive Justice. New York: Gardland Publishing.
Doley, W. 1986. Lassromm Organization and Management. New York: Macmillan.
Elias, M. J. & Y. Schwab, 2006. From Compliance to Responsibility: Social and Emotional Learning and Classroom Erlbaum.Management. Mahwah, NJ: Lawrence
Emmer, E. T. & Stough, L. M. 2001. Classroom Management: A Critical Part of Educational Psychology With Implications for Teacher Education.
Emmer, Evertson & Worsham. 2006. Classroom Management for Secondary Teacher (7th ed.). Boston: Allynand Bacon.
Epstein, J. L. 1989. Family Structure and Student Motivation. Dalam R. E. Ames & C. Ames (Eds.) Research on motivation in education: Vol. 3. Goals and Cognitions. New York: Academic Press.
Erikson, E. H. 1980. Identity and the Life Cycle. New York: Norton.
Feldman, 2004. Child Development (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Flavell, J. H., Miller, P. H., & Miller, S. A. 2002. Cognitive Development (4th ed.). Upper Saddle River, NJ: Printice-Hall.
Fredricks, Blumenfeld & Paris. 2004. School en-gagement: Potential of The Concept, State of The Evidence. Review of Educational Research.
Gehlbach, H. 2004. A New Perspective on Perspective Taking: A Multidimensional Approach to Conceptualizing an Aptitude. Educational Psychology.
Graham & Weiner. 1996. Theories and Principles of Motivation. New York: Mcmillan.
Hoffman, M. L. 2001. Empathy and Moral Development. New York: Cambridge University Press.
Jacobs, Lanza, Osgood, Eccles & Wigfield, 2002. Changes in Children’s Self-Competence and Values: Gender and Domain Differences Across Grades One Through Twelve. Child Development.
Karweit & Slavin. 1981. Measurement and Modeling Choices in Studies of Time and Learning. American Educational Research Journal.
Kohlberg, L. 1981. The Philosophy of Moral Development. New York: Harper & Row.
Marzano, R. J. & Marzano J. S. 2003. The Key to Classroom Management Educational Leadership.
Maslow, A. H. 1970. Motivation and Personality. New York: Harper and Row.
McCaslin & Good. 1998. Moving Beyond Management as Sheer Compliance: Helping Student to Develop Goal Coordination Strategies Educational Horizon.
Nucci, L. P. 2001. Education in The Moral Domain. New York: Cambridge Press.
Noguera, P., 2005. The Racial Achievement Gap: How Can We Assume an Equity of Outcomes. Albany, NY: Suny Press.
Piaget, J., 1965. The Moral Judgment of The Child. New York: Free Press.
Rotherham Borus, M. J., 1994. Bicultural Reference Group Orientations and Adjusment. Albany NY: State University of New York Press.
Selman, Robert L., 1980. The Growth of Interpersonal Understanding. New York: Academic Press.
Stipek, D. J. 1981. Children’s Perceptions of Their Own and Their Peers’ Academic Competence. Journal of Education Psychology.
---------------. 2002. Motivation to Learn: Integrating Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Tesser, Stapel & Wood, 2002. Self and Motivation: Emerging Psychological Perspectives. Washintong, DC: Amrican Psychological Association.
Wayne Hoy, 2009. Teacher Characteristics and Student Achievement Gains: A Review. Review of Educational Research.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.