Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas Ix di Smpn 2 Donri-Donri Kabupten Soppeng

  • Nurhayati Nurhayati Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam UIT Makassar
    (ID)

Abstrak

Memilih metode pembelajaran secara tepat, penggunaan mediayang bervariasi, berusaha dengan lebih telaten dalam memahamkan siswa agarbisa diminimalkan dan selalu berusaha menjelaskan kembali siswa yang kesulitanmembaca Al-Qur’an, seringnya guru memberikan tugas kokurikuler (PR),memberikan peringatan kepada siswa, serta selalu memberikan motivasi bagisiswa yang mengalami kesulitan. Saran-saran dalam penelitian ini bagi guru PAI adalah sudah semestinyaseorang guru yang mengajar Al-Qur’an harus profesional dalam bidangnya dansudah menunjukkan hasil yang baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ad-Duweisy, M. Abdullah. 2005. Menjadi Guru Yang Sukses dan Berpengaruh. Surabaya: Fitra Mandiri.

An-Nawawi, Imam. Muhyidin. 2006. Syarah Arba’in Nawawi. Jakarta: Darul Haq.

An-Nawawi, Imam. 2007. Bersanding Dengan Al-Qur’an. Bogor: Pustaka Ulul Albab.

Asy-Syilasyabi, Abu Yahya. 2007. Cara Mudah Membaca Al-Qur’an Sesuai Kaidah Tajwid. Yogyakarta: Daar Ibn Hazm.

Amin, Samsul Munir. 2007. Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami, Jakarta: Amzah.

Ats-Tsuwaini, Moh. Fand. 2009. 10 Metode Agar Anak Mencintai Al-Qur’an. Yogyakarta: Al-Ajda Press.

Ash-Shaabuniy, M. Aly. 1999. Study Ilmu Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Putra.

Baidan, Nasruddin. 2002. Metode Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cara Mudah Belajar Membaca Al-Qur’an (http//galaksi Islam.Wordpress.com/art diakses Minggu 28 Februari 2010).

Depag. Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2005. Bandung: Jumanatul Aly.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fuhaim Musthafa, Syaikh. 2009. Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, terj., Wafi Marzuki Ammar Surabaya: Pustaka Elba.

Hamijaya, Nunu, dkk. 2007. Cara Mudah Bergembira Bersama Al-Qur’an. Bandung: Jembar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1976. Jakarta: Balai Pustaka.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Maidir, Harun. 2007. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa SMA. Jakarta:Depag Badan Litbang dan Puslitbang.

Misbachul, Munir. M. 2005. Ilmu dan Seni Qiro’atil Qur’an. Semarang: Binawan.

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

________. 2001. Perspektif Tentang Pola Hubungan Guru-Murid. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nashiruddin, M. Albani. 2008. Ringkasan Shahih Bukhari III. Jakarta: Gema Insani Press.

Purwanto, Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riyadh, Sa’ad. 2009. Ingin Anak Anda Cinta Al-Qur’an. Solo: Aqwam.

Surasman, Otong. 2002. Metode Insani Kunci Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sukardjo, M. dkk. 2009. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharto, Toto. 2006. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Thoha Chabib, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran PAI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tafsir, Ahmad. 2007. Metodologi Pengajaran Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Moh. 2007. Ilmu Tajwid Plus. Surabaya: Halim Jaya.

Diterbitkan
2014-09-02
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 2054 times