SUMBER, AZAS DAN LANDASAN PENDIDIKAN (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional)
Abstrak
Pendidikan adalah sebuah proses pemartabatan manusia menuju puncak optimasi potensi kognitif, afektif, dan psikotomorik yang dimilikinya, dan pendidikan juga merupakan proses membimbing, melatih, memandu manusia agar terhindar dari kebodohan dan pembodohan, pendidikan juga dapat dijadikan sebagai proses elevasi yang dilakukan secara nondiskriminasi, dinamis dan intensif menuju kedewasaan individu, yang dilakukan secara kontinyu dengan sifat yang adaptif dan nirlimit atau tiada akhir. Tugas dan fungsi utama pendidikan adalah membangun manusia yang beriman, cerdas dan kompetitif. Selain itu, fungsi pendidikan harus menanamkan keyakinan kepeda peserta didik bahwa untuk mencapai kemajuan bangsa yang lebih baik dimasa yang akan datang haruslah dengan ilmu pengetahuan. Secara teknis dan kelembagaan, pendidikan berfungsi untuk memfasilitasi proses pembelajaran bagi peserta didik, sehingga ia mampu mentransmisi pengetahuan yang diperolehnya dengan baik dan efektif. Tujuan pendidikan adalah untuk mengmbangnkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam,Cet. I, Jakarta, Kencana Prenada Media, 2006.
Arafat, Yasir ( Penyusun ) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945. Permata Pres, tt.
Danim, Sudarwan, Pengantar Kependidikan, Landasan teori dan 234 Metefora Pendidikan. Cet. I, Bandung; Alfabeta, 2010.
Ekosusilo, Madyo dan R.B. Kasihadi, Dasar-dasar Pendidikan, Semarang: Effhar Publising.Cet. 2, 1993
Hamdani, Dasar-Dasar Kependidikan, Cet. I, Bandung, Pustaka Setia, 2011.
http://www.slideshare.net/widemulia/asas-pendidikan-di-indonesia, di akses, tanggal, 25 Maret, 2012
Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Pendidikan, Komponen MKDK. Cet.6 Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Joni Raka, T, Cara Belajar Siswa Aktif, Wawasan Kependidikan dan pembaruan Pendidikan Guru. Malang; IKIP Malang, 1983.
----------Penelitian Pengembangan dalam Pembaruan [8]Pendidikan.Cet. I, Jakarta: P2LPTK Ditjen Depdikbud, 1984.
Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I, Jakarta : Ciputat Pers, 2002.
Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni, Education Management, Analisis Teori dan Praktik, Cet. 2 Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Rubiyanto, Rubino, dan Eko supriyanto dan Joko Santoso, (2003).
Landasan Pendidikan, Cet. I, Surakarta; Muhammadiyah University Press, 2003.
Tirtarahardja, Umar, dan S,L.La Solo, Pengantar Pendidikan, Cet. 2, Jakarta, PT. Rineka Cipta, 2008.
Tiem Redaksi Fokusmedia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. Cet. 3, Bandung; Fokus Media, 2003.