Milenial Sebagai Penggerak Ekosistem Halal Value Chain di Indonesia

  • Muslihati Muslihati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki generasi milenial Indonesia dalam hal menggerakkan ekosistem rantai nilai halal (halal value chain). Generasi milenial dipilih karena merupakan bagian dari fenomena bonus demografi yang menyita perhatian dengan jumlah, ciri maupun karakteristik yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan sumber data dan informasi dari berbagai literatur terkait ekosistem halal value chain serta data sekunder lainnya. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Generasi milenial dianggap memiliki kapasitas dalam hal pembentukan opini terkait berbagai klaster dalam halal value chain dengan memanfaatkan media sosial dan memanfaatkan pemahaman akan regulasi produk halal. Hal tersebut dapat menstimulasi permintaan akan berbagai klaster produk halal ditengah masyarakat dan mampu menggerakkan ekosistem halal value chain di Indonesia.

Author Biography

Muslihati Muslihati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

References

Annisa, A. A. (2019). Kopontren dan Ekosistem Halal Value Chain. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1-8.

Deny, S. (2019, 11 03). Milenial Pilih Menganggur ketimbang Bekerja di Sektor Informal. Retrieved from Liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3150332/milenial-pilih-menganggur-ketimbang-bekerja-di-sektor-informal

Handriana, T. (2019). Perilaku Pembelian Generasi Milenial pada Produk Kosmetik Halal. Retrieved Oktoberr 14, 2020, from UNAIR News: http://news.unair.ac.id/2020/07/11/perilaku-pembelian-generasi-milenial-pada-produk-kosmetik-halal/

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

(n.d.). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024 Hasil Kajian Analisis Ekonomi Syariah di Indonesia .

Prasetyo, R. n. (2017). Kematangan karir siswa SMK ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jurusan. Humanitas, 112-121.

Rohimanah, W. (2020, Mei 29). Tren Fesyen Muslimah Milenial Indonesia. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/wildarohimanah/5ed0ce6c097f3642b2455fb3/trend-fesyen-muslimah-milenial-indonesia

Statistik, B. P. (2019). Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015.

Subianto, P. (2019). Rantai nilai dan perspektif kesadaran masyarakat muslim akan makanan halal. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. , (pp. 141-146).

Tanti Handriana, P. Y. (2020). Purchase behavior of millennial female generation on Halal cosmetic products. Journal of islamic Marketing.

Published
2020-10-18
How to Cite
Muslihati, M. (2020). Milenial Sebagai Penggerak Ekosistem Halal Value Chain di Indonesia. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(2). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/16459
Section
Artikel
Abstract viewed = 1356 times