Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Saving Behavior) Nasabah

  • Eka Indriyani MS Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Syella Fransisca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam menabung pada PT. BRI Unit Sirenja Cabang Palu, Tbk. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel tingkat suku bunga (X1), kemampuan bertransaksi (X2) dan kualitas pelayanan (X3). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode nonprobability sampling dengan jumlah sampel adalah 83 nasabah yang terdaftar dan memenuhi syarat yaitu minimal sudah 1 tahun lamanya menabung di BRI Unit Sirenja Cabang Palu. Berdasarkan hasil penelitian tingkat suku bunga, keamanan bertransaksi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku menabung (saving behavior) nasabah pada PT. BRI Unit Sirenja Cabang Palu, Tbk.

Secara parsial hanya variabel tingkat suku bunga yang tidak berpengaruh terhadap perilaku menabung (saving behavior) nasabah pada PT. BRI Unit Sirenja Cabang Palu, Tbk.

Kata kunci : tingkat suku bunga, kemampuan bertransaksi, kualitas pelayanan dan saving behavour

Author Biography

Eka Indriyani MS, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Pangkat : Penata Muda Tingkat I / IIIB

 

References

Ahluwalia, M. (2002). Economic Reforms in India Since 1991: Has Gradualism Worked?. Journal of Economic Perspektive, 16(3): 67-88.

Astuti. (2013). Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Perilaku Menabung Nasabah (Studi kasus pada BRI cabang sleman). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

A.Usmara. (2003). Strategi Baru: Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.

Bari’ah, dkk.,“Hubungan Antara Kualitas Layanan Bank Dengan Perilaku Menabung Nasabah PT BRI Kantor Cabang Ungaran”. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang, hal. 1-18.

Bourgeois, R. (2005). Analytical Hierchy Process: an Overview, UNCAPSA-UNESCAP. Bogor.

Buchari Alma. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Darsono, dkk. (2012). “Analisis Perilaku Nasabah PT. Bank Aceh (Survei Pada Kantor Pusat Operasional Banda Aceh)”. Jurnal Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Agustus, hal. 1-18, vol.1.

Edy Suryadi., Doni Hutomo. (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kartu Prabayar IM3 di Kota Pontianak, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 3 No. 1.

Fandy Tjiptono. (2005). Manajemen Jasa, Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Flavian dan Giunaliu. (2007). Measure On Web Usability Website. Journal of Computer Information System 48 (No.1), hal. 17-23.

Haryadi Sarjono dan Winda Julianita. (2011). SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Herman Darmawi. (2006). Pasar Finansial dan Lembaga-Lembaga Finansial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hofman, B., Kai,K. and Gunther, G.S., (2003). Corruption, Investment Growth, and Decentralization. International conference on ‘Decentralization and its Impact on Local Government and Society’. 15-17.

Husein Umar. (2008). Desain Penelitian Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriyo Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Iqbal Hasan. (2008). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Juwanita. (2015). Pengaruh Persepsi Nasabah Mengenai Lemabaga Penjamin Simpanan (LPS) Dan Tingkat Suku Bunga Simpanan terhadap Perilaku Menabung Nasabah pada Bank dengan Citra Perbankan sebagai variabel Moderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Kasmir. (2012). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12. Jakarta: Erlangga.

KPPOD, (2004). Daya Tarik Investasi Kabupate / Kota di Indonesia, Jakarta : KPPOD

Listyorini, dkk. “Pengaruh Produk Tabungan dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan menabung pada Kjks Bmt Binna Ummat Sejahtera Kecamatan Lasem”. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang, hal. 1-9.

Maisya. “Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi”. Jurnal Universitas Negeri Padang, hal. 1-12.

M. Taufiq dan Batista Sufa Kefi. (2013). “Pengaruh dana Pihak ketiga terhadap Kredit pada Bank Perkreditan Rakyat di Indonesia”. Jurnal Stie Dharma Putra Semarang, Oktober 2013, hal. 1- 15, vol.20.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Purba. (2015). Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Pelayanan, dan Prosedur Kredit terhadap Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Kredit pada PT. Bank Sulteng Cabang Utama Palu, Tbk. Skripsi. Fakultas Ekonomi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu.

Rachmat Firdaus dan Maya Ariyanti. (2011). Pengantar Teori Moneter serta Aplikasinya Pada Sistem Ekonomi Konvensional dan Syariah. Bandung: Alfabeta.

Raman, Arasu., & Viswanathan, A. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on:Wireless Information Networks & Business Information System. Hal 54-60.

Rambat Lupiyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ray, D., (2003). Inventory of Trade Distorting Local Regulations. Unpublished Paper. Pertnership for Economic Growth. Jakarta. December.

Robi, Ningsih. (2006). Strategi Memasarkan Kota Bekasi Berdasarkan Daya Tarik Investasi. Tesis. Program Study Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Saaty, Thomas L. (2002). Hard Mathematics Applied to Soft Decisions dalam Indonesian Symposium Analytic Hierarchy Process II Teknik Industri Universitas Kristen Petra Surabaya, Tidak Dipublikasikan, Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Saputri. (2015). Pengaruh Keamanan Kemudahan, Dan Risiko Kinerja terhadap Pembelian secara Online di Tokopedia.com (Studi pada pengguna situs Belanja Online Tokopedia.com). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Schiffman., G. Leon dan Leslie Lazar Kanuk. (2004). Consumer Behavior. USA: Pearson Education Inc.

Sigit Triandaru dan Totok Budisantoso. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Smeru, (2001). Regional Autonomy and The Business Climate: Three Kabupaten Case Stuides from North Sumatran, Jakarta.

Sofjan Assauri. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (2001). Metode Statistika. Edisi Revisi, Cet. 6, Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sunariyah. (2004). Pengantar Pengetahuan Pasar Modal Cetakan Keempat. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Susanto. (2006). “Pengaruh Harga Produk, Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Laptop Merk Hp di Kota Semarang”.Jurnal hal 1-15.

Tajul Khalwaty. (2000). Inflasi dan Solusinya. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tambunan, Tulus. 2006. Iklim Investasi di Indonesia: Masalah, Tantangan, dan Potensi. Kadin Indonesia-Jetro.

Williamson, Mont dan Qudri dalam Brahmantio. 2001. Desentralisasi Fiskal dan Implikasinya Terhadap Kondusifitas Iklim Usaha Daerah Kota dan Kabupaten di Indonesia: Laporan Penelitian. Jakarta: Center for Economic and Social Studies (Cess).

Yohana Neysa Setyawan dan Edwin Japarianto. (2014). “Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan rasa aman, dan Aksebilitas terhadap Perilaku menabung nasabah Bank Danamon di Surabaya”. Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya hal.1-8, Volume 2.

Yusup. (2011). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi Diponegoro Semarang.

Zainab. (2011). Pengaruh Citra Merek, Periklanan, Dan Persepsi Terhadap Perilaku Menabung Nasabah (Studi kasus pada masyarakat ciputat dan pamulang yang menjadi nasabah di Bank Muamalat). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zulian Yamit. (2002). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertam Cetakan Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.

Published
2020-12-31
How to Cite
MS, E. I., & Fransisca, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menabung (Saving Behavior) Nasabah. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(3). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/18340
Section
Artikel
Abstract viewed = 355 times