Dampak Digital Branding dan Kecintaan Merek pada Ekuitas Merek Kosmetik Make Over di Kota Makassar: Peran Mediasi Kepercayaan Merek
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh digital branding terhadap ekuitas merek, 2) Untuk mengetahui pengaruh kecintaan merek terhadap ekuitas merek, 3) Untuk mengetahui pengaruh digital branding terhadap kepercayaan merek, 4 ) Untuk mengetahui pengaruh kecintaan merek terhadap kepercayaan merek, 5) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap ekuitas merek, 6) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek sebagai mediasi digital branding terhadap ekuitas merek, 7) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek merek sebagai mediasi pada kecintaan merek terhadap ekuitas merek.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan sampel penelitiannya adalah 172 responden wanita pengguna kosmetik Make Over di Kota Makassar yang berusia 15 - 29 tahun. Metode penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus Joseph Hair dan teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk menganalisis data dengan bantuan program SmartPLS.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Digital branding berpengaruh positif terhadap ekuitas merek, 2) Kecintaan merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek, 3) Digital branding berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, 4 ) Kecintaan merek berpengaruh positif terhadap kepercayaan merek, 5) Kepercayaan merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek, 6) Digital branding tidak berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dengan kepercayaan merek sebagai variable intervening, 7) Kecintaan merek berpengaruh positif terhadap ekuitas merek dengan kepercayaan merek sebagai variable intervening.
Kata kunci : Digital Branding, Kecintaan Merek, Ekuitas Merek, Kepercayaan Merek