MAKASSAR CITY GOVERNMENT WEBSITE AS A DIGITAL MEDIA FOR PUBLIC SERVICES
Abstrak
Abstrak
Pelayanan publik merupakan tugas pokok instansi pemerintah dan badan publik. Prinsip good governance menyediakan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Pemerintah Kota Makassar telah memanfaatkan website di https://makassarkota.go.id/ sebagai media pelayanan publik. Website ini menyajikan berbagai informasi seperti logo, nama, sejarah, potensi, inovasi, organisasi perangkat daerah, dinas, bagian, badan, kecamatan, dan berita-berita. Website ini menampilkan nama dinas dan kantor kecamatan dilengkapi alamat kantor, email, dan website. Melalui fasilitas website ini, masyarakat dapat memperoleh informasi dan melakukan interaksi dengan pemerintah kota Makassar. Sesuai model Gartner, fasilitas website pemerintah Kota Makassar berada pada tahap kedua yaitu (1) presence dan (2) interaction. Agar pelayanan publik lebih meningkat maka informasi website perlu selalu diperbarui (update) dan fasilitas website ditambah dengan fasilitas transaksi (tahap ketiga). Selain itu, alamat website dari beberapa Dinas dan Kantor Kecamatan yang belum aktif agar diaktifkan sebagai media pelayanan publik bagi masyarakat kota Makassar.
Kata Kunci
Pelayanan publik, Media digital, Website Pemerintah Kota Makassar
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.