MAKASSAR CITY GOVERNMENT WEBSITE AS A DIGITAL MEDIA FOR PUBLIC SERVICES

  • Muhammad Anshar Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Abstrak

Pelayanan publik merupakan tugas pokok instansi pemerintah dan badan publik. Prinsip good governance menyediakan layanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Pemerintah Kota Makassar telah memanfaatkan website di https://makassarkota.go.id/ sebagai media pelayanan publik. Website ini menyajikan berbagai informasi seperti logo, nama, sejarah, potensi, inovasi, organisasi perangkat daerah, dinas, bagian, badan, kecamatan, dan berita-berita. Website ini menampilkan nama dinas dan kantor kecamatan dilengkapi alamat kantor, email, dan website. Melalui fasilitas website ini, masyarakat dapat memperoleh informasi dan melakukan interaksi dengan pemerintah kota Makassar. Sesuai model Gartner, fasilitas website pemerintah Kota Makassar berada pada tahap kedua yaitu (1) presence dan (2) interaction. Agar pelayanan publik lebih meningkat maka informasi website perlu selalu diperbarui (update) dan fasilitas website ditambah dengan fasilitas transaksi (tahap ketiga). Selain itu, alamat website dari beberapa Dinas dan Kantor Kecamatan yang belum aktif agar diaktifkan sebagai media pelayanan publik bagi masyarakat kota Makassar.

Kata Kunci  

Pelayanan publik, Media digital, Website Pemerintah Kota Makassar

Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Vol. 23 No.2 Desember 2022
Abstrak viewed = 175 times