STRATEGI KOMUNIKASI ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN (AJI) MAKASSAR DALAM MEMBANGUN KARYA JURNALISTIK DENGAN PERSPEKTIF GENDER
Abstrak
Pemberitaan tentang isu perempuan di media massa seringkali diskriminatif dan bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi AJI Makassar dalam membangun karya jurnalistik yang berperspektif gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan sejumlah 5 orang yang terdiri atas ketua AJI Makassar dan jurnalis seniorlainnya. Pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Hoeberman yaitu mereduksi data, mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam beberapa unit, mendeskripsikan serta membuat kesimpulan. Hasil daripenelitian ini menunjukkan empat strategi komunikasi AJI yang diterapkan dalam membangun karya jurnalistik yang berperspektif gender yaitu membangun relasi, pengembangan Informasi, pendampingan, dan publikasi karya jurnalistik yang representatif gender.Beberapa faktor yang mendukung dan menghambat strategi komunikasi yang dilakukan adalah proses komunikasi, sarana dan prasarana, faktor internal berupa keterbatasan fisik dan psikis serta faktor eksternal berupa tekanan dari lembaga, deadline liputan, dan penugasan di luar daerah.
Referensi
Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi, sebuah pengantar ringkas. CV. Armico: Bandung
Ardianto, E.L. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media: Bandung
Argenti, Paul. 2008. Corporate communication. McGraw-Hill Education
Arikunto, Suharsini. 2001. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta: Jakarta
Azis, Asmaeni. 2006. Kesetaraan Gender dalam Prespektif Sosial Budaya. Yapma: Makassar
Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana: Jakarta
Cangara, Hafied, 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada: Jakarta
Cutlip dkk. 2005. Effective PR (edisi 8).
Effendy, Onong Uchjana. 2001. Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
........................................ 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
.......................................... 2006.Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). PT. Remaja Rosdakarya: Bandung
Eriyanto. 2006. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS: Yogyakarta
............. 2003. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKIS: Yogyakarta
Fakih, Mansour. 2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. INSIST Press: Jakarta
Freddy, Rangkuti, 2009. Strategi Promosi yang Kreatif: Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Koodiran dkk. 2001. Peningkatan Partisipasi Wanita dan Pengembangan Hubungan Industrial yang Berwawasan Gender di awasan Timur Indonesia. Laporan penelitian hibah bersaing VII/3 perguruan tinggi tahun 2001.
Nurudin. 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Raja grafindo persada: Jakarta
Pratiwi, Adelia. 2012. Strategi Komunikasi Direktoral Penyiaran dalam mengkomunikasikan peraturan dan kebijakan proses perizinan penyiaran. (Fisip UI): Jakarta
Ruslan, Rosady.2003.Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
Smith, D. Ronald. 2005.Strategic Planning for public relation. Secon Edition. Lawrence Erlbaum Associates Publisher: London.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.