ETIKA KOMUNIKASI PEMERINTAH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP PENANGANAN COVID-19 PERSPEKTIF AL-QUR’AN

  • Siti Ulfa Khoiriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay
    (ID)

Abstract

Wabah Covid-19 telah menjangkit publik khususnya warga negara Indonesia. Managemen komunikasi krisis sangat diperlukan oleh pemerintah. Sumber data yang peneliti dari twitter akun @Jokowi dan situs resmi pemerintah (Covid19.go.id). Pertama, peneliti menemukan data terkait informasi yang dipublikasikan oleh pemerintah dilakukan secara cepat serta efisien sehingga publik dapat mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan terkait penangangan Covid-19. Informasi dipublikasikan secara transparan (terbuka), data tersebut murni niat idealis pemerintah dalam menangani Covid-19 tanpa adanya niat pragmatis dalam artian pemerintah mempunyai niat terselubung yang beresensi menguntungkan pihak pemerintah sendiri. Informasi dipublikasikan secara konsisten antara pemerintah satu dengan yang lain. Kedua, etika komunikasi krisis pemerintah di media sosial relevan dengan indikator terminologi term qaulan dalam al-Qur’an. Terdapat indikator term qaulan sadidan bahwa data yang peneliti paparkan menginterpretasikan perkataan yang benar, jujur, tranparan dan konsisten. Qaulan balighan pemerintah memberikan informasi yang membekas di hati publik, sehingga publik lebih memperketat serta mematuhi protokol kesehatan sehingga meminimalisir terjadinya krisis baru. Term qaulan ma’rufan, qaulan kariman, qaulan layyinan bahwa semua data dalam akun @Jokowi dan situs resmi memerintah dalam hal kebaikan dan mencegah hal-hal yang berdampak negatif. Adapun indikator terminologi terakhir yakni qaulan maysuran pemerintah memberikan empati, simpati serta bantuan moril maupun materiil terhadap publik yang terdampak wabah Covid-19.

 

Kata Kunci: Etika Komunikasi Krisis, Media Sosial, Al-Qur’an

Author Biography

Siti Ulfa Khoiriyah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabay

References

Astriwibawanti, dkk, “Komunikasi Krisis Kementerian Pertanian Pada Kasus Penggerebekan Gudang Beras PT IBU (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communicatin Theory), Jurnal Studi Komunikasi dan Media, ISSN: 1978-5003, E-ISSN: 2407-6015).

Fajar, Arief. 2011, “Sistem Kendali dan Strategi Penanganan (Manajemen) Krisis dalam Kajian Public Relations”, Jurnal Komunikasi, Vol. 1, No. 3, (Juli).

Indrayani, Heni. 2016, “Etika Advokasi Public Realitions dala Manajemen Krisis Reputasi”, Jurnal Interaksi, Vol. 5, No. 1, (Januari).

Juwita, Rina. 2017, “Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat”, Jurnal Penelitian Komunikasi, ISSN: 1410-8291, E-ISSN: 2460-0172, Vol. 20, No. 1, (Juli).

Karimah, Uud Wahyudin dan Kismiyati El, 2016. “Etika Komunikasi di Media Sosial”, Prosiding Seminar Nasional Komunikasi.

Krisdiantoro, Yuyut dkk, 2018. “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih dengan Intensitas Penggunaan sebagai Variabel Mediasi”, Jurnal Akuntasi Aktual, E-ISSN:25801015, P-ISSN: 20879695, Vol. 5, No. 2, (Juni).

Mannan, Audah, 2019, “Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone”, Jurnal Aqidah-Ta, ISSN: 2477-5711, E-ISSN: 26153130, Vol. V, No. 1.

Prastya, Narayana Mahendra, 2011, “Komunikasi Krisis di Era New Media dan Social Media”, Jurnal Komunikasi, ISSN 1907-898X, Vol. 6, No. 1, (Oktober)

RI, Kementerian Agama, 2014. Al-Majid (Al-Qur’an Terjemah, dan Tajwid Warna) (Jakarta: S.F. Al-Fatih).

Salma, Aqida Nuril, 2017, “Berkomunikasi Saat Krisis: Strategi Penggunaan Media Internet dalam Menghadpi Krisis di Era Digital”, Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, Vol. 01, No. 01.

Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Alu, 2008-2009, Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1-7, terj. M. Abdul Ghoffar (Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i).

Wibawa, Kadek Cahya Susila, 2019. “Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Baik”, Adminitrative Law & Governance Journal. ISSN 2621-2781, Vol. 2 Issue 2, (Juni).

Published
2021-03-25
Section
Volume 08 Nomor 02 2020
Abstract viewed = 780 times