TAFSIR LIBERATIF FARID ESACK

  • Abduh Wahid UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tulisan ini mendiskusikan tentang sosok pemikir Islam yang berupaya membumikan al-Qur’an sebagai kitab suci yang mampu menyelesaikan persoalan realitas. Farid Esack adalah salah satu figur sentral menggulirkan rezim apartheid di Afrika Selatan. Semangat perjuangannya terinspirasi dari semangat perjuangan Nabi Muhammad melawan segala bentuk rasialisme, tirani, ketidakadilan dan kapitalisme kaum Quraiys yang didokumentasikan dalam al-Qur’an. Bagi Esack, al-Qur’an adalah teks pembebasan. Peristiwa eksodus (hijrah) Nabi Musa dan kaumnya dalam al-Qur’an merupakan cermin dalam memaknai kembali ajaran-ajaran al-Qur’an. Esack mengelaborasi peristiwa eksodus Nabi Musa seabgai tipikal penindasan yang serupa dengan apa yang dialami oleh kemunitas Afrika Selatan. Hermeneutika liberatif Farid Esack memang patut diapresiasi sebagai model penafsiran yang progresif berpijak pada teologi dan fokus pada kondisi Afrika Selatan yang dikuasai rezim apartheid dan layak dikembangkan dalam konteks negara dunia ketiga yang secara garis besar terjerat dalam kemiskinan dan ketidak-adilan.

References

Arifin, Ahmala. Tafsir Pembebasan; Metode Interpretasi Progresif ala Farid Esack (Yogyakarta: Aura Pustaka, 2011)

Baidhawy, Zakiyuddin. Hermeneutika Pembebasan Al-Qur’an Perspektif Farid Esack, dalam Studi Al-Qur’an Kontemporer; Wacana Baru Berbagai Metodologi Tafsir (Yogyakarta: Tiara wacana, 2002)

Bultman, Rudolf. Essays, Philosophical, and Theological (London: SCM Press, 1955)

Esack, Farid. The Qur’an: an User’s Guide (Oxford: One World, 2005)

----------------, Qur’an, Liberation and Pluralisme: An Islamic Perspective of Interreligous Solidarity against Oppression (London: One World Oxford, 1997)

----------------, On Being A Muslim, terj Dadi Darmadi (Jakarta: Erlangga, 2002)

Fakih, Mansour. Bebas dari Neoliberalisme (yogyakarta: Insist Press, 2010).

Faiz, Fahruddin. Hermeneutika Al-Qur’an; tema-tema kontroversial (Yogyakarta: elSAQ, 2011)

Sayyiduhum el-Yasu’i, William. Lahut Tahrir; ru’yah arabiyah islamiyah masihiyah (Cairo: al-Hai’ah al-Mashriah al-Ammah lilkitab, 2008)

http://elbaiquni.wordpress.com/2010/03/17/rekonstruksi-ilmu-kalam/

Published
2016-12-14
Section
Volume 01 Nomor 02 2013
Abstract viewed = 1472 times