PENDIDIKAN KELUARGA MENURUT AL-QUR’AN
Abstract
Terlepas dari perbedaan pendapat tetang status Lukman, yakni apakah beliau nabi atau hanya orang saleh, yang pasti bahwa beliau diberikan oleh Allah swt. predikat al-Hakim yang diabadikan dalam al-Qur’an surah Lukman, menunjukkan bahwa Lukman adalah orang yang mendalam ilmunya, serta pintar mengambil kebijakan sehinga disegani dan ilmunya dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi orang yang datang sesudahnya, terutama nasihat beliau kepada anaknya yang kemudian diistilahkan dengan pendidikan keluarga yang meliputi; Pertama, pendidikan akidah yakni tidak boleh mempersekutukan Allah swt. dengan sesuatu apa pun serta meyakini bahwa semua perbuatan manusia diketahui oleh Allah sekecil apa pun. Kedua. pendidikan ibadah, yakni melaksankan salat dengan kontinu. Ketiga,. pendidikan dakwah yakni memerintahkan perbuatan makruf dan mencegah perbuatan mungkar. Keempat, pendidikan kepribadian, yakni bersabar ketika mendapat musibah. Kelima, pendidikan karakter, yakni tidak berpaling dari manusia karena sombong atau takabbur, serta bersikap sederhana ketika berjalan, dan tidak mengeraskan suara ketika berbicara.
References
Ahmad ibn Faris ibn Zakariya, Abu al-Husain. Maqayis al-Lugah, jilid II. Bairut: Dar al-Jili, 1999.
al-Andalusiy, Muhammad ‘Abdu al-Haq ibn Galib ibn ‘Athiyyah, Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir Kitab al-‘Ajiz, Juz IV (Cet. I: Bairut-Libanin: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2001 M./1422 H.),
al-Bagdadiy, Syihab al-Din al-Sayyid Muhammad al-Alusiy. Ruh al-Ma’ani fi Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim al-Sab’ al-Matsani, jilid VIII. Cet. I; Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2000.
Departemen Agama RI., Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2002.
al-Dimisyqy, ‘Imad al-Din Abiy al-Fida’i Isma’il ibn Katsir, Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, juz 11. Cet. I; Kairo: Muassasah Qarthibah, 2000.
al-Dimisyqiy, ‘Imad al-Din Abiy al-Fida’i Isma’il ibn Katsir. Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim, juz 11. Cet. I; Kairo: Muassasah Qarthibah, 2000.
Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam. Cet. I: Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
al-Malikiy, Ahmad al-Shawiy. Khasyiyah al-‘Allamah al-Shawi ‘ala Tafsir al-Jalalain, Juz III. Bairut: Dar Ihya al-Turats al-‘Arabi, t.th.
al Munawwar, Said Agil Husain. Aktualisasi Nilai-Nilai Al Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam. Cet. II: Ciputat: PT. Ciputat Press, 2005.
al-Maragiy, Ahmad Mushthafa. Tafsir Al-Maragiy, juz 21. Cet. I; Mesir: Mushthafa al-Babiy al-Halabiy, 1946 M./1365 H.
al-Mahalliy, Jalal al-Din Muhammad ibn Ahmad. dan Jalal al-Din ‘Abd. Rahman ibn ‘Abiy Bakr al-Suyutiy, Tafsir al-Qur’an al-Karim, juz II. Surabaya: al-Maktabah al-Siqafiyyah, t.th.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Krapayak .Yogyakarta: Pondok Pesantren Al-Munawwir, 1984), h. 1418.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2006.
Nashih Ulwan, Abdullah. Tarbiyah Aulad fi al-Islam. Bairut: Dar al-Islam, 1981.
Syihab, M. Quraish. Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’a, Volume 11. Cet. IV; Ciputat: Lentera Hati, 2005.
Sahabuddin, ed [et. Al.], Ensiklopedia Al-Qur’an Kajian Kosa Kata, jilid 2. Cet. I; Jakarta: Lentera Hati, 2007.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Cet. III; Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
al-Thabariy, Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir. Ja mi’ al-Bayan ‘an Ta’wil al-Qur’an, juz 21. Bairut: Dar al-Fikr, 1988.
al-Qurthubiy, Abu ‘Abdillah Muhammad ibn Ahmad ibn Abiy Bakr. al-Jami’ al-Ahkam al-Qur’an, Juz 16. Cet. I; Bairut-Libanon, Muassasah al-Risalah, 2006.