Covid-19 dan Adpatasi Layanan Publik di Indonesia: Sebuah Studi Awal Tentang Layanan Publik Berbasis Virtual

  • Sitti Rabiatul Wahdaniyah Herman UIN Datokarama Palu
    (ID)

Abstract

Covid-19 telah mengubah banyak hal di Indonesia, termasuk pada layanan publik. Sejumlah studi yang ada cenderung menyimpulkan jika Covid-19 akan berdampak buruk bagi perkembangan layanan publik di Indonesia. Artikel ini akan melihat sisi lain dari perkembangan Covid-19 di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian studi literatur, penulis mencoba menjawab pertanyaan tentang bagaimana implikasi perkembangan Covid-19 di Indonesia terhadap proyeksi layanan publik di fase pasca Covid-19. Untuk menjawab pertanyaan itu, artikel ini menggunakan konsep rosecrance tentang the rise of the virtual state sebagai alat analisis untuk memandu penulis melihat fenomena layanan publik di tengah pademi wabah Covid-19. Artikel ini menyimpulkan Covid-19 secara perlahan telah mengubah lanskap layanan publik kea rah virtual. Meskipun tidak seluruhnya, tetapi kehadiran Covid-19 punya andil yang sangat besar dalam rekonstruksi skema pada layanan publik.

References

Abdul Hamid Aly, dkk., ““Apotek Hidup” Sebagai Upaya Peningkatan Kesehat-an Masyarakat Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19”, Jurnal Pem-belajaran Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 4 (2020), h. 286–293.

Abdul Wahab Podungge & Dwi Indah Yuliani Solihin, “Posisi Tawar Pela-nggan Terhadap Akurasi Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan SDG di Era Pandemic COVID-19 Pada Samsat Kota Gorontalo”, Public Adm-inistration Journal of Research, Vol. 2, No. 4 (2020), h. 431-442; Winda Fitri, dkk. 2021.

Agung Edi Rustanto, “Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada RPTRA di Wilayah Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19”, Kolaborasi: Jur-nal Administrasi Publik, Vol. 7, No. 1 (2021), h. 84-100.

Ahmad Farouq Mulku Zahari, dkk., “Pelayanan KTP Elektronik Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Dinas Kepe-ndudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Baubau”, Journal Publicuho, Vol. 4, No. 1 (2021), 39-50.

Alexander Arie Sanata Dharma & Azhar Kasim, “Infodemi Covid-19 dalam Perspektif Open Government: Sebuah Tinjauan Literatur”, JIIP: Jurnal Ilm-iah Ilmu Pemerintahan, Vol. 6, No. 1 (2021), h. 105–125.

Anggita Doramia Lumbanraja, “Urgensi Transformasi Pelayanan Publik mela-lui E-Government Pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi”, Administrative Law and Governance Journal, Vol. 3, No. 2 (2020), h. 220–231.

Dani Sugiri, “Menyelamatkan Usaha Mik-ro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19”, Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, Vol. 19, No. 1(2020), h. 76–86.

Dara Sawitri, “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)”, Jurnal Prioritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No. 1 (2020), h. 13–21.

Dina Vebiola Saraswati Kuntardi, “Dina-mika Sistem Sosial Masyarakat Pedesaan di Masa Pandemi Covid-19”, Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, Vol. 7, No. 1 (2021), h. 1–10.

Fakhrul Rozi Yamali & Ririn Noviyanti Putri, “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia”, Ekonomis: Jour-nal of Economics and Business, Vol. 4, No. 2 (2020), h. 384-388.

Ivan Muhammad Agung, “Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial”, Psikobuletin: Bule-tin Ilmiah Psikologi, Vol. 1, No. 2 (2020), h. 68–84.

Lailatul Hikmah, dkk., “Implementasi Ter-mometer Non Kontak Digital Berbasis Internet Of Things untuk Mencegah Penyebaran Covid-19”, Jurnal EEC-CIS, Vol. 14, No. (2020), h. 108–114.

Nailul Mona, “Konsep Isolasi Dalam Jari-ngan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia)”, Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 2, No. 2 (2020), h. 117–125.

Nurkolis & Muhdi, “Keefektivan Kebija-kan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidik-an Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2020), h. 212-228.

Puspa Ningrum, dkk., “Sosialisasi Gerak-an Masyarakat Cerdas Menggunakan Masker Dimasa Pandemi Guna Mencegah Penyebaran Virus COVID-19”, Jurnal Abdidas, Vol. 1, No. 5 (2020), 430-435.

Richard Rosecrance, “The Rise of the Virtual State”, Foreign Affairs, Vol. 75, No. 4 (1996), h. 45-61.

Rita Komalasari, “Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19”, Tematik, Vol. 7, No. 1 (2020), h. 38–50.

Sihar Tambun, dkk., “Pengaruh Digitali-sasi Layanan Pajak Dan Cooperative Compliance Terhadap Upaya Penceg-ahan Tax avoidance Dimoderasi Kebi-jakan Fiskal Di Masa Pandemi Covid 19”, Media Akuntansi Perpajakan, Vol. 5, No. 2 (2019), h. 74–86.

Suryanto, dkk., “Mengadopsi Layanan McDonald’s Sebagai Alternatif Laya-nan Perpustakaan Di Masa Pandemi Covid-19”, Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, Vol. 4, No. 2 (2020), h. 225–244.

Syaidah, “Inovasi Layanan Publik Pusat Informasi Dan Koordinasi Jawa Barat (Pikobar) Saat Pandemi Covid-19”, Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2 (2020), h. 148–158.

Winda Fitri, dkk., “Tantangan dan Solusi terhadap Ketimpangan Akses Pendidi-kan dan Layanan Kesehatan yang Memadai di Tengah Pandemi Covid-19”, Era Hukum: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, Vol. 19, No. 1 (2021), h. 203-222.

Published
2022-06-24
Section
Artikel
Abstract viewed = 244 times