Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Astambul

  • Beni Akhmad Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
    (ID)
  • Sugiannor Universitas Lambung Mangkurat
    (ID)
  • Nur Laila Fitriyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
    (ID)

Abstract

Implementasi program rehabilitasi bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) merupakan program meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya bagi masyarakat miskin. Pelaksanaan program RTLH dilaksanakan secara langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program RTLH di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tentang implementasi program RTLH dapat dikategorikan terlaksana sebagai berikut: komunikasi yang terjalin melalui sosialisasi peraturan penerima bantuan RTLH sudah dilakukan. Sumberdaya pelaksana melalui pendataan penerimaan bantuan sudah terlaksana cukup baik. Disposisi pengambilan keputusan belum tepat sasaran hal ini dikarenakan penerima bantuan tergolong sangat banyak. Sedangkan struktur pelaksana program RTLH melalui kerjasama yang dilakukan oleh Dinas Sosial bersama dengan Lurah dan RT/RW terlaksana dengan cukup baik. Namun penulis menyarankan Dinas Sosial Kabupaten Banjar melakukan komunikasi secara langsung terhadap masyarakat melalui sosialisasi bantuan program RTLH, menambah jumlah pegawai yang secara khusus melakukan pendataan dan pengawasan di dalam pelaksanaan program RTLH.

References

Edward III, G. C. (1990). Public Policy Implementing. London: Jai Press Inc.

Halimah, Irawan, B., & Prakoso, C. T. (2019). Implementasi Program Bantuan Stimulan Perumah Swadaya (BSPS) di Kelurahan Bontang Kuala Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang. Journal Administrasi Negara, 7 (1), 6836-6850.

Hamdy, A., Badaruddin, & Humaizi. (2021). Implementasi Program Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Asahan Pada Tahun 2019. PERSPEKTIF, 10 (1), 280-292.

Jannah, W. (2018). Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisar Kabupaten Jember, Undergraduate thesis. . Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Moleong, L. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nastiti, L., Adhi, S., & Herawati, N. R. (2016). Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Magetan Tahun 2014. Journal of Politic and Government Studies, 5 (4), 91-100.

Nawi, A., & Lestari, A. W. (2018). Implementasi Kebijakan Program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7 (1), 11-16.

Rahmah, W., & Subadi, W. (2021). Implementasi Program Rumah Tidak Layak Huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Desa Pamarangan Kiwa, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong. JAPB: Jurnal Mahasiswa Administrasi Publik dan

Published
2023-11-05
Section
Artikel
Abstract viewed = 259 times