Bimbingan Konseling Islam: Sebagai Metode Dalam Meminimalisir Perilaku Menyimpang Pada Siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritangae Kabupaten Maros

  • Muhammad Sabiq Al-Khair UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Sattu Alang UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilham Hamid UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Perilaku Menyimpang, Siswa.

Abstrak

Penelitian ini mengangkat pokok masalah tentang “Metode Bimbingan Konseling Islam Dalam Meminimalisir Perilaku Menyimpang Pada Siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros” dengan sub masalah yang terdiri dari 1. Bagaimana upaya Bimbingan Konseling Islam dalam meminimalisir perilaku menyimpang pada siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros? 2. Bagimana hasil dari upaya Bimbingan Konseling Islam dalam meminimalisir perilaku menyimpang pada siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros?

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros, dengan menggunakan pendekatan Bimbingan. Sumber data yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder, dimana sumber data primer yaitu guru Bimbingan Konseling sebagai informan kunci sedangkan yang menjadi informan tambahan dalam sumber data primer yaitu kepala Madrasah, beberapa wali kelas dan beberapa siswa. Sedangkan buku, jurnal, artikel, website serta sumber data lain yang menjadi pelengkap merupakan sumber data sekunder. Adapun metode dalam pengumpulan data dari penelitian adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Kemudian analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa upaya Bimbingan Konseling Islam dalam meminimalisir perilaku menyimpang pada siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros adalah 1. Memberikan peringatan/teguran kepada siswa, 2. Mediasi dan pendekatan kepada siswa, 3. Bimbingan konseling personal, 4. Bimbingan konseling kelompok, 5. Pemberian sanksi bersifat mendidik dan 6. Pengawasan dan kerja sama dengan orang tua siswa.

Adapun untuk hasil dari upaya Bimbingan Konseling Islam dalam meminimalisir perilaku menyimpang pada siswa di Madrasah Aliyah Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Alliritengae Kabupaten Maros adalah 1. Siswa memperlihatkan akhlakul karimah dengan tidak melakukan perilaku menyimpang lagi, 2. Siswa mampu menyadari kesalahan yang mereka perbuat dan ingin berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya dan 3. Presentase belajar dan nilai moral religius siswa mengalami peningkatan.

Referensi

Abdurrahman, Konseling Islami. ed. by Alfin Siregar, Cet. Ke-1; Medan: Perdana Publishing, 2019.
Al- Qur’an Al- Karim.
Asmani, Jamal Ma’mur. Kiat Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah. Cet. ke-1; Yogyakarta: Buku Biru, 2012.
Ayun, Qurrotu. ‘Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak’, ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Vol. 5. No. 1 (2017).
Bastomi, Hasan. ‘Menuju Bimbingan Konseling Islami’, Konseling Edukasi: ‘Journal of Guidance and Counseling’, Vol 1. No. 1 (2017).
Bukhori, Baidi. ‘Dakwah Melalui Bimbingan Dan Konseling Islam’, Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 5. No. 1 (2014).
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Daulay, Maslina. ‘Bimbingan Konseling Islam Bagi Perilaku Menyimpang’. Fitrah, Vol. 08. No. 01 (2014).
Darajat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama, Cet Ke-16; Jakarta: Bulan Bintang, 2015.
Emzir, Analisis Data: Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Fahyuni, Eni Fariyatul. Bimbingan & Konseling Islami Di Sekolah. ed. by Septi Budi Sartika, Cet. ke-1; Sidoarjo: Jawa TImur: UMSIDA Press, 2018.
Febriansyah, Suseno. ‘Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Anak Di Panti Asuhan Edina Aisyah Bandar Lampung’. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2017.
Hamid, Ilham. Cegah Degradasi Moral dengan Bimbingan Kesalehan Sosial. ed. By Ashadi Cahyadi, Cet. Ke-1: Sukabumi: Haurah Utama, 2022.
Ibnu Katsir Online, ‘Tafsir Ibnu Katsir’, Ibnukatsironline.Com, 2015 [di akses pada 23 Januari 2024].
Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. ed. by Y. Rendy, Cet. Ke-1; Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011.
Jaya, Yahya. Bimbingan Konseling Agama Islam. Padang: Angkasa Raya, 2000.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam. Direktorat Jendral Urusan Agama Islam Dan Pembinaan Syariah, 2019.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Dengan Kata Pengantar Oleh Burhan Bungin. Cet. Ke-4 (Jakarta: Kencana, 2009).
Lubis, Syaiful Akhyar. Konseling Islami Dalam Komunitas Pesantren Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2015.
Mastura, Emi. ‘Model Bimbingan Agama Islam Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Menyimpang Siswa Di SMKN 2 Pinrang’. Skripsi, IAIN Pare Pare, 2018.
Maswardi, Muhammad Amin. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media Jakarta, 2011.
Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). ed. by Imam Taufik, Cet. Ke-27 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2010.
Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.
Mubarok, Achmad. Al-Irsyad An-Nafsy: Konseling Agama Teori Dan Kasus Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2000.
Muhadir, Neong. Metodologi Penelitian. Cet. Ke-4; Yogyakarta: Rake Selatan, 2013.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Nasrullah, Adon dan Jamalauddin. Dasar-Dasar Patologi Sosial. Bandung: Cv. Pustaka Setia, 2016.
Nurhaidah dan M. Insya Musa. ‘Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia’, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 3. No. 3 (2015).
Ponterotto, Joseph G. and M Casas, Lisa Suzuki, CM Alexander, Handbook of Multicultural Counseling. Cet. ke 4; Sage Publications, 2019.
Primadha, Risjad. ‘Perilaku Menyimpang SMP: IPIEMS Surabaya’. Universitas Airlangga, 2017.
Profil Madrasah Aliyah DDI Alliritengae Maros. 2022.
Purnama, Yulian. ‘Penjelasan Hadits Tentang Memukul Anak’, Https://Konsultasisyariah.Com/, 2022 [di akses pada 23 Januari 2024].
S. Nasution. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsinto, 2016.
Santi D, Ni Desak Made & Dkk. Psikologi Sosial Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.
Santoso, Gunawan and others. ‘Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Karakter Sopan Santun Siswa’, Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra),Vol. 02. No. 01 (2023).
Santrock, John W. Educational Psychology. Cet. ke-2; Jakarta: Salemba Humanika, 2011.
Schaefer, Richard T. Sociology: A Brief Introduction. New York: USA: McGraw-Hill Education, 2007.
Siegel, Larry And Brandon C. Welsh. Juvenile Delinquency: The Core 6th Edition, 6th edn Cengage Learning, 2017.
SM, Abdullah. ‘Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa SMK Wawo Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara’. Skripsi, UIN Alauddin Makassar, 2018.
Subagio, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sulaiman, Usman. Perilaku Menyimpang Remaja Dalam Perspektif Sosialogi. Makassar: Alauddin Press. 2012.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. Ke-4 Bandung: Cv. Alfabeta, 2018.
Syafaruddin, Ahmad Syarqawi, Dina Nadira Amelia Siahaan. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling: Telaah Konsep, Teori Dan Praktik. ed. by Asrul, Cet. Ke-1; Medan: Perdana Publishing, 2019.
Syaid, M. Noor. Penyimpangan Sosial Dan Pencegahannya, ed. by Sulisyono, Cet-Ke 1; Semarang: Alprin, 2019.
Syarifuddin, Dkk… Bimbingan Dan Konseling Dalam Presfektif Alquran Dan Sains. Medan: Perdana Publishing, 2017.
Tanjung, Sahrul. Bimbingan Konseling Islami Di Pesantren, ed. by Hasrian Rudi Setiawan, Cet. Ke-1; Medan: Umsu Press, 2023.
Tarmizi. Bimbingan Konseling Islami. ed. by Alfin Siregar, Cet. Ke-1; Medan: Perdana Publishing, 2018.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka, 2020.
Tusikal, Muhammad Abduh. ‘Ikuti Petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah Nabi’, Https://Rumaysho.Com/, 2022 [diakses 7 November 2023]
Walgito, Bimo. Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah: Edisi Keempat. Cet. Ke-2; Yogyakarta: PT. Andi Offset, 2013.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2012.

Zakawali, Ghifari ‘Hadis Dan Ayat Al-Qur’an Tentang Akhlak Sebagai Pedoman’, Www.Orami.Co. Id, 2023 [di akses pada 23 Januari 2024].
Diterbitkan
2024-07-12
Abstrak viewed = 107 times