HAKIKAT DAN PRINSIP METODE PEMBELAJARAN PAI

  • Rosmiati Azis UIN ALauddin Makassar

Abstract

  1. Abstrak

Metode sangat penting dalam memudahkan suatu pekerjaan karena  Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode Pembelajaran Agama Islam sendiri tentunya tidak boleh lepas dengan tujuan utama pendidikan agama di Indonesia yang tercantum dalam pasal 39 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003, “pendidikan merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan mempertimbangkan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasionalMetodologi pembelajaran PAI ini tidak akan ada artinya kalau tidak dilaksanakan dalam praktek pendidikan. Pelaksanaan metodologi pembelajaran PAI itu dalam pembelajaran diantaranya pemilihan metode mangajar yang efektif dan efisian. Dalam al-Qur’an banyak metode yang bisa diterapkan untuk menyampaikan kalam-kalam Allah kepada manusia, seperti metode cerita, diskusi, tanya jawab (dialog), metode perumpamaan (metafora), metode hukuman dan ganjaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-teori Pendidikan berdasarkan al-Qur’an, cet. kedua, Jakarta, Rineka Cipta, 1994

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, Alih bahasa Hasan Langgulung, cet. pertama. Jakarta, Bulan Bintang, 1979

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. ke empat, Jakarta, Bumi Aksara, 1996

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press. 2000

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik ; dalam interaksi edukatif, Cet. pertama, Jakarta. Rineka Cipta, 2000

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam, edisi revisi, Jakarta, Al-Husna Zikra, 2000

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik ; Humanisme Raligius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta, Gama Media, 2002

Rahman, Nazarudin. Manajemen Pembelajaran ; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Cet I, Yogyakarta, Pustaka Felicha, 2009

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet ketiga, Jakarta, Kalam Mulia, 2001

Tauhied, Abu. Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarat, Fak.Tarbiyah IAIN Sunan Kali Jaga, 1990

Thoha, Chabib. Metodologi Pengajaran Agama, 2004

Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Indonesia, Cet. empat, Jakarta, Balai Pustaka, 2007

Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet ke delapan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2004

Published
2019-12-30
How to Cite
Azis, R. (2019) “HAKIKAT DAN PRINSIP METODE PEMBELAJARAN PAI”, Inspiratif Pendidikan, 8(2), pp. 292-300. doi: 10.24252/ip.v8i2.11302.
Abstract viewed = 6564 times