HAKIKAT DAN PRINSIP METODE PEMBELAJARAN PAI
Abstrak
- Abstrak
Metode sangat penting dalam memudahkan suatu pekerjaan karena Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode Pembelajaran Agama Islam sendiri tentunya tidak boleh lepas dengan tujuan utama pendidikan agama di Indonesia yang tercantum dalam pasal 39 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003, “pendidikan merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan mempertimbangkan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasionalMetodologi pembelajaran PAI ini tidak akan ada artinya kalau tidak dilaksanakan dalam praktek pendidikan. Pelaksanaan metodologi pembelajaran PAI itu dalam pembelajaran diantaranya pemilihan metode mangajar yang efektif dan efisian. Dalam al-Qur’an banyak metode yang bisa diterapkan untuk menyampaikan kalam-kalam Allah kepada manusia, seperti metode cerita, diskusi, tanya jawab (dialog), metode perumpamaan (metafora), metode hukuman dan ganjaran
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, Abdurrahman Saleh. Teori-teori Pendidikan berdasarkan al-Qur’an, cet. kedua, Jakarta, Rineka Cipta, 1994
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, Alih bahasa Hasan Langgulung, cet. pertama. Jakarta, Bulan Bintang, 1979
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. ke empat, Jakarta, Bumi Aksara, 1996
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Press. 2000
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik ; dalam interaksi edukatif, Cet. pertama, Jakarta. Rineka Cipta, 2000
Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam, edisi revisi, Jakarta, Al-Husna Zikra, 2000
Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik ; Humanisme Raligius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta, Gama Media, 2002
Rahman, Nazarudin. Manajemen Pembelajaran ; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Cet I, Yogyakarta, Pustaka Felicha, 2009
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet ketiga, Jakarta, Kalam Mulia, 2001
Tauhied, Abu. Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarat, Fak.Tarbiyah IAIN Sunan Kali Jaga, 1990
Thoha, Chabib. Metodologi Pengajaran Agama, 2004
Tim Penyusun Kamus, Kamus Besar Indonesia, Cet. empat, Jakarta, Balai Pustaka, 2007
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet ke delapan, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2004