EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT POMADE BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 2 PADANG

  • Muhammad Iqbal UNIVERSITAS NEGERI PADANG
    (ID)
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini diawali oleh proses pembelajaran keterampilan vokasional yang kurang menarik, seperti keterampilan tata boga, tata busana, perbengkelan, dan griya kayu yang diterapkan disekolah yang diajarkan dengan metode demonstrasi, sehingga siswa tunarungu bosan dalam belajar. Dalam posisi ini Peneliti memberikan alternatif dengan menggunakan inovasi baru berupa pendekatan Project Based Learning untuk menunjang proses pembelajaran keterampilan vokasional siswa dengan pembuatan pomade. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design dengan sampel lima orang siswa tunarungu. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa tunarungu dalam membuat pomade setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan posttest. Data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit= 2,5 dan Utab= 2 dengan n =5 pada taraf signifikan 95% dan a=0,5. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit>Utab. Jadi terbukti bahwa pendekatan project based learning efektif dalam meningkatkan keterampialn membuat pomade bagi siswa tunarungu pada kelas VIII di SLBN 2 Padang. Saran dalam penelitian ini agar guru dan siswa tunarungu di SLBN 2 Padang dapat menggunakan project based learning dalam meningkatkan kemampuan membuat pomade bagi siswa lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Iqbal, UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Jurusan Pedidikan Luar Biasa

References

Damri. 2019. “Meningkatkan Kosakata Benda Melalui Media Pop Up Book Bagi Siswa Tunarungu Kelas I Di SLB Luak Nan Bungsu Payakumbuh.” Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus 7(1): 198–202.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Moelischatoer. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Prasada.

Syaodih, Sukmadinata Nana. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Utami, Aria Rizki, Asep Sukohar, Gigih Setiawan, and Chicie Widya Morfi. 2018. “Pengaruh Penggunaan Pomade Terhadap Kejadian Ketombe Pada Remaja Pria.” Medical Journal of Lampung University 7(2): 197–192.

Dian Wizla Dirsa. 2018. “Efektivitas Pendekatan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Deodoran Natural Bagi Tunarungu Di Gerkatin Kota Padang.” e jupekhu.

Published
2021-05-25
How to Cite
Iqbal, M. and Damri, D. (2021) “EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL MEMBUAT POMADE BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLBN 2 PADANG”, Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 73-80. doi: 10.24252/ip.v10i1.16607.
Abstract viewed = 186 times