EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL PEMBUATAN MASKER BENGKUANG BAGI ANAK TUNARUNGU

  • Winda Pitopang UNIVERSITAS NEGERI PADANG
    (ID)
  • Nurhastuti Nurhastuti Universitas Negeri Padang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang keterampilan vokasional pembuatan masker bengkuang. Tujuannya adalah untuk membuktikan model pembelajaran problem solving efektif digunakan dalam pembuatan masker bengkuang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan jenis one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini lima orang siswa SMA tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan berupa pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dalam pembuatan masker bengkuang selanjutnya diberikan pre-experimen dengan menggunkanan model pembelajaran problem solving dan dilanjutkan dengan memberikan posttes diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 9,20 sedangkan nilai posttest di dapatkan hasil menjadi 20,20. Data di olah menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Tes diperoleh nilai Thitung = 15. Pada tabel uji wilcoxon, nilai kritis pada taraf kesalahan ( α ) 0,05 dan N = 5 adalah 0, didapat Ttabel = 0 maka Thitung = 15 > Ttabel = 0, oleh karena itu hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpukkan bahwa model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan masker bengkuang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adreshina priscilla. (2018). Pengaruh Proporsi Pati Bengkuang (Pachyrhizus erosus) dan ekstrak Orka (Abelmoschusesculentus) Terhadap hasil jadi masker untuk perawatan kulit wajah berminyakdan berjerawat. E- Jurnal, volume 07(Nomor 2), 8.

Atmaja, J. (2018). Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dalimunthe, R., Siregar, H., Fauzi, A., Hidayat, D., Prabowo, A., & Ika, M. (2020). Profil Life Skill berbasis Problem Solving di PKBM sinar lentera. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling Untirta, 5 (1).

Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta.

Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Experimen Bidang Pendidikan. ALFABETA.

jaya hendra. (2017). Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. makasar: Fakultas MIPA Universitas Negri Padang.

Ketut, S., & Md, S. i. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakanan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol: 1(2).

Komariah Kokom. (2011). Penerapan model pembelajaran problem Solving untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Penerapan Metode Pembelajaran, vol.3.

Made, M. (2018). Penerapan model Pembelajaran Problem Solving sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, vol 2.

Nurhastuti, Fatmawati, & Yarmis, H. (2018). Wirausaha Pembuatan Kue kering untuk meningkatkan keterampilan Hidup anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, volume 6 n.

Nurhastuti, & Widya, L. (2018). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatakan Keterampilan Membuat Mahar Pernikahan dari Uang kertas Pada Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, volume 6(Nomor 1).

Pristiwanto. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah. Wahana Pedagogika, vo. 2(6).

Triyanto, & Desty, P. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.

Published
2021-05-25
How to Cite
Pitopang, W. and Nurhastuti, N. (2021) “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM KETERAMPILAN VOKASIONAL PEMBUATAN MASKER BENGKUANG BAGI ANAK TUNARUNGU”, Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 102-108. doi: 10.24252/ip.v10i1.16786.
Abstract viewed = 215 times