Pelaksanaan Program Tahfidz di SMAS Hidayatullah Putri Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

  • Kasmawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Konita UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Pelaksanaan, Program, dan Tahfidz.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan manajemen. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina Tahfidz, Guru-Guru Tahfidz, dan Peserta Didik SMAS Hidayatullah Putri Kendari. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah memberikan wewenang kepada Pembina tahfidz untuk mengelola program tahfidz. Kelompok belajar tahfidz dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkatan kelas masing-masing dengan satu atau dua orang guru tahfidz yang bertanggung jawab. Metode belajar tahfidz masih disesuaikan dengan kemampuan guru tahfidz yakni rata-rata menggunakan metode talqin yang dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. Pengawasan kegiatan tahfidz dilakukan melalui absensi tahfidz, daftar kontrol hafalan yang disetorkan pada saat rapat setiap akhir pekan. Evaluasi hasil program tahfidz menunjukkan bahwa program tahfidz telah mencapai hasil yang baik sekali, dari keseluruhan peserta didik 61 orang hanya 90,16% saja yang mencapai KKM tahfidz sementara 9,84% lainnya belum mencapai KKM tahfidz dan untuk evaluasi kinerja guru tahfidz dilakukan oleh Kepala Sekolah melalui data yang diperoleh dari pembina tahfidz. Kerja sama antara sekolah dan orang tua, lingkungan sekolah yang mendukung, al-Qur’an Huffadz dari sekolah menjadi faktor pendukung program ini. Namun, kurangnya tenaga pengajar tahfidz yang ahli dalam bidang tahfidz, rasa malas, rasa kantuk dan gangguan dari teman sebaya menjadi faktor penghambat pelaksanaan tahfidz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Ahmad Zainal. Kilat dan Mudah Hafal Juz Amma. Yogyakarta: Sabil, 2015 Batlajery, Samuel. “Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintah
Kampung Tambat Kabupaten Merauke”. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial 11, no. 2, 2016.

Fatimah & Sri Tuti Rahmawati. “Implementasi Kurikulum Muatan Lokal dalam Mencapai Target Hafalan Al-Qur’an 4 Juz di SD Islam Annajah Jakarta”. Jurnal Qiro’ah 10, no. 2, 2020.

Fitriani, Della Indah & Fitroh Hayati. “Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1, 2020.

Hefniy dan Raudatul Jannah. “Desain Kurikulum Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Kearifan Lokal”. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2, 2019.

Istiqomah, Al. Fungsi Pelaksanaan (Actuating) dalam Sumber Daya Manusia. Malang: UNM, 2016.

Machali, Imam & Ara Hidayat. The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2016.

Masruroh, Niken. “Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto”. Tesis. IAIN Purwokerto, 2016.

Masruroh, Siti Nafisatul. “Evaluasi Program Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Mu’allimat Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2016.

Mulyadi dan Widi Winarso. Pengantar Manajemen. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.

Munawwir, Ahmad Warson. Al Munawwir kamus Arab-Indonesia. Cet. 14; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Keswara, Indra. “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al-Qur’an) di Pondok Pesantren Al Husain Magelang”. Jurnal Hanata Widya 6, no. 2, 2017.

Sule, Ernie Tisnawati & Kurniawan Saefullah. Pengantar Manajemen. Cet. IX; Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Supomo, R. Pengantar Manajemen. Bandung: Yrama Widia, 2018.

Wati, Erna. “Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Ma’had Al-Jami’ah Putri Palangka Raya”. Skripsi. IAIN Palangka Raya, 2020.

Zawawi, Yahya Abdul Fatah Az. Revolusi Menghafal Al-Qur’an. Surakarta: Insan Kamil, 2015.

Zulina, Dian Mahza & Mumtazul Fikri. “Pengelolaan Program Tahfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKPU Neuheun Aceh Besar”. Jurnal Intelektualita 6, no. 2, 2018.
Published
2024-06-30
How to Cite
Kasmawati and Nur Konita (2024) “Pelaksanaan Program Tahfidz di SMAS Hidayatullah Putri Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara”, Inspiratif Pendidikan, 13(1), pp. 76-93. doi: 10.24252/ip.v13i1.48321.
Abstract viewed = 57 times