Peningkatan Keistiqomahan Ibadah Sholat Peserta Didik Melalui Pendekatan Kitab Daqaʾiq Al-ʾahbar Perspektif Teori Pembelajaran Behaviorisme (Studi di MTSN 4 Malang)

  • Khovadli Ocvando UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
Keywords: Peningkatan, Ibadah sholat, Kitab Daqaʾiq Al-ʾahbar, Behaviorisme

Abstract

Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah syahadat, dimana perilaku sholat tersebut harus diakukan secara istiqomah dan terus menerus bagi manusia yang sudah baligh dan berakal. Istiqomah tidak bisa didapat dengan begitu saja, namun perlu dilakukan pembiasaan dan dorongan dari lingkungan seperti guru dan bahan ajar yang tepat sehingga dapat tercapai nilai istiqomah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mendiskripsikan Proses penanaman nilai karakter Istiqomah Ibadah sholat peserta didik di MTSN 4 Malang 2) Mendiskripsikan Implementasi Nilai Karakter Istiqomah dengan Menggunakan Pendekatan Kitab DaqaʾIq Al-ʾAhbar dalam Perspektif Teori Pembelajaran Behavioristik. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Implementasi Nilai Karakter Istiqomah dengan Menggunakan Pendekatan Kitab DaqaʾIq AlʾAhbar dalam Perspektif Teori Pembelajaran Behavioristik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis Kualitatif deskriptif melalui studi kasus lapangan yang mana peneliti berusaha ingin menggali informasi yang terjadi dilapangan kemudian ditindaklanjuti melalui sistem belajar behavioristik dengan menggunakan nilai-nilai keutamaan sholat dalam kitab Daqaʾiq al-ʾAhaar, pengumpulan data dalam penelitian ini melalui 1) Observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yakni, 1) Pembiasaan sholat diawali melalui program matsama, dilakukan melalui program forstawa, pembinaan mlalui mapel, diberlakukan hukuman bagi yang melanggar. 2) penentuan bab pilihan, pengenalan kehidupan akhirat, pemantaban kosep akhirat, diskusi bersama peserta didik. 3) wali murid belum memiliki program khusus dalam melatih perilaku istiqomah, peserta didik, peserta didik menalami perubahan psikis kearah positif, peserta didik mengalami penurunan perubahan psikis, peserta didik kembali mencari celacela hukum kebolehan menunda sholat. Dengan pertimbangan tersebut penelitian ini terolong tidak efektif, karena perubahan psikis dan perilakuk peserta didik masih fluktuatif dan tidak konsisten, sehingga memerlukan system pengkajian ulang mengenai hal tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyadi, Abdul Aziz. Psikologi Agama Kepribadian Muslim Pancasila. Bandung: Sinar
Baru Algesindo, 2001.
Al-Qadhiy, Imam Abdirahman bin Ahmad. Rahasia Alam Ghaib Dan Alam Akhirat.
Edited by Musa Turoichan Al-Qudsi. surabaya: Ampel Mulia Surabaya, 2003.
Anam, Mohammad Syamsul, Wasis D Dwiyogo, Jurusan Pendidikan Olahraga, Progam
Pascasarjan, and Universitas Negeri Malang. Teori Belajar Behavioristik Dan
Implikasinya Dalam Pembelajaran,‖ n.d.
Hefni, Azizah. Yuk Istiqomah. Yogyakarta: Safira, 2015.
Jawwad, Ali. Sejarah Shalat (Asalusul, Bilangan Dan Kedudukan Shalat Dan Islam).
Edited by Terj.Masduki and Irwan. Tangerang: Lentera Hati, 2010.
Kanus, Oktari. ―REKONSTRUKSI SEJARAH SHALAT SEBAGAI LEMBAGA
KEAGAMAAN ISLAM (Telaah Kitab Tafsir Ibnu Katsir).‖ Jurnal Ulunnuha 8,
no. 1 (2019): 63–88. https://doi.org/10.15548/ju.v8i1.291.
Katsir, Imam Ibnu. ―Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsiir.‖ In 5, edited by Taufiq Shaleh
AlKatsiri Muhammad Yusuf Harun MA, Yazid Abdul Qadir Jawaz, 5th ed., 164.
Terjemahan M. Abdul Ghofar, Abdurahim Mu‘thi. (2003). Bogor: Mu-assah
daar al-Hilal Kairo, 1994.
Mahmud Al-Mishri Abu Ammar. Mausu‟ah Min Akhlaqir-Rasul. Edited by
Ensiklopedi Akhlak Muhammad SAW Penerjemah Abdul Amin. Kairo, Jakarta:
Darut Taqwa, Pena Pundi Aksara, n.d.
Muh. Hizbul Muflihin. ―DALAM PEMBELAJARAN ( Analisis Strategis Inovasi
Pembelajaran ).‖ Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1 No2, no. ISSN:1979- 6668
(2009): 11.
Muhammad, and Husain Haekal. Sejarah Hidup Muhammad,. Jakarta: PT Litera antar
Nusa, 2013.
Mukminan. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: P3G IKIP, 1997.
Rasdiyana, Andi. 2005. Pendidikan Agama Islam Bandung: Lubuh Agung.
Rauf, Rusdin S. Quantum Istiqomah. Yogyakarta: Diva Press, 2008.
Rozi, Afni. Saputra, Riki . Rahmi. Peningkatan Pengamalan Ibadah Shalat Siswa
Melalui Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Wali Di SMP Negeri 2 Talamau‖
3, no. 2 (2020): 1–11.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta,
2010.
Tafsir AlQur`ānal-Azhīm,IV, 293., Dan Abi Ja`far Muhammad Ibnu Jarir AlTabariy,
Jami` AlBayan an-Ta`wil Ay Al-Qur`ān,. Kairo: Dar alHadith, 2010.
W.j.s. Poerwadarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka,
2007.
Zahrok, Siti. Kajian Konsistensi Sikap Dan Perbuatan Berbahasa Indonesia Bidang
Keilmuan‖ 10 (2017).
Zaitun, & Habiba, S. ―Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk
Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.‖ Jurnal
Pendidikan Agama Islam 2 (2013): 153–58.
Published
2024-06-30
How to Cite
Khovadli Ocvando (2024) “Peningkatan Keistiqomahan Ibadah Sholat Peserta Didik Melalui Pendekatan Kitab Daqaʾiq Al-ʾahbar Perspektif Teori Pembelajaran Behaviorisme (Studi di MTSN 4 Malang)”, Inspiratif Pendidikan, 13(1), pp. 172-181. doi: 10.24252/ip.v13i1.48641.
Abstract viewed = 150 times