Pengembangan Diri Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan guru pasca mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) LPTK Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar pada Guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Bone; (2) kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam pada kegiatan penyusunan penelitian dan publikasi ilmiah bagi Guru di Kabupaten Bone; dan (3) gambaran out-put kegiatan penyusunan penelitian dan publikasi ilmiah bagi Guru PAI di Kabupaten Bone. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yakni metode pelatihan, observasi; dan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pengembangan diri Guru PAI di Kabupaten Bone pasca mengikuti pendidikan profesi guru pada LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, para guru mengikuti: kegiatan seminar dan webinar nasional, Pendidikan dan latihan nasional, workshop penyusunan modul ajar dan P5PPRA, pelatihan penyusunan proposal dan pelaksanaan penelitian Tindakan kelas; (2) Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam pada kegiatan penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah di Kabupaten Bone, meliputi keterlibatan sebagai peserta aktif sebanyak 66,67 % pada kegiatan pelatihan PTK yang siap dibuat menjadi artikel untuk publish pada jurnal nasional; dan (3) Out-put kegiatan penelitian tindakan kelas dan publikasi ilmiah bagi Guru PAI di Kabupaten Bone, yakni terdapat 8 laporan penelitian Tindakan kelas dan 5 artikel yang sudah terpublikasikan pada jurnal nasional, ber-ISSN dan Sinta
Downloads
References
Brown, H. Douglas. (2004). Language Assessment: Principle and Classroom Practice. New York: Longman.
Faragus Cahyaningrum, Chilvia, dkk., 2021 Pengaruh Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati (Jurnal IJES Volume 1 Nomor 1).
Hafid, Afdhil, dkk.2018. Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah dan Penelitian bagi Guru SLTA dengan Pemanfaatan Software Referensi (Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, Nopember, Volume 2 Nomor 2)
Helmayunita, Nayang, dkk. 2022. Pengembangan Keprofesian berkelanjutan melalui Pelatihan Penyusunan PTK (Jurnal Abdimas Unwahas Volume 7 Nomor 1).
Kunandar: 2008. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahyasih, Yayah, dkk., 2020. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru (Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 20 Nomor 1).
Republik Indonesia, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sukidjo. 2014. Kompetensi Penelitian Tindakan Kelas Guru SMP DIY (urnal Cakrawala Pendidikan, Oktober Tahun XXXIII Nomor 3).
Wiganda, Supria. t.th. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru se-Jakarta Timur (Jurnal Sarwahita Volume 11 No. 1).
Widodo, Sowarno, dkk., t.th. Peningkatan Kompetensi Guru Profesional berbasis Penulisan Artikel Hasil PTK bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo.