Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 8 Gowa
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk; 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 8 Gowa; 2) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 8 Gowa; 3) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 8 Gowa. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif yang bersifat ex post facto dengann desain penelitian regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Gowa sebanyak 350 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang yang menggunakan metode purposive sampling. Data diperoleh melalui instrumen angket kompetensi pedagogik guru dan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian kompetensi pedagogik guru kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 8 Gowa berada pada kategori sedang yaitu 80%, sedangkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 8 Gowa berada pada kategori sedang yaitu 86%. Dari hasil analisis statistik inferensial pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukan bahwa nilai (t) yang diperoleh dari hasil perhitungan thitung didapatkan hasilnya lebih besar daripada nilai (t) yang diperoleh dari ttabel hasil distribusi (ttabel). Dari hasil analisis didapatkan taraf nyata (α) dan nilai tabel sebesar 5% Di mana telah diperoleh hasil analisis thitung = 7,02 sedangkan nilai ttabel = 2,724 untuk 35 sampel yang dapat diartikan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,02 > 2,724. Maka dapat dilihat bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan ini ternyata kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 8 Gowa.
Downloads
References
Alaan, Ibnu. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motiovasi Belajar Peserta didik Kelas VII di SMP Negeri 19 Palembang”. Skripsi. Palemabng: Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KePendidikan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2017.
Al-Qifari, Abu Dzar. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kebiasaan Salat Berjamaah Siswa SMK Negeri 1 Kabupaten Bantaeng”, Skripsi. Makassar: PPs UIN Alauddin, 2012.
Arikonto, Suharsimi. Prosedur penelitian Praktik. Cet. XIV; Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Public Serta Ilmu-Ilmu Social Lainnya. Cet. VIII; Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.
Cahyono, Nanang Ismu. “Analisis Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 11 Palangka Raya”. Skripsi. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya, 2019.
Cuncun. “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Perencanaan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Plaju Palembang”. Skripsi. Palembang: Kepustakaan UIN Raden Fatah, 2012.
Departemen Agama RI. Al Quran dan Terjemahnya. Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo, 2005.
Getteng, Abd. Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Cet. IX; Yogyakarta: Grha Guru, 2014.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Handayaningrat, Soewarno. Pengantar Studi dan Administrasi. Jakarta: Haji Masagung, 1988.
Hasan, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Statistik. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Janawi. Kompetensi Guru. Bandung: Alfabeta, 2012.
K., Munawir. Strategi Pendidikan Islam dalam Menanggulangi Kemerosotan Akhlak Remaja. Surabaya: CV. Global Aksara Pers, 2021.
Kumaladewi, Retnoayu. “Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatakan Ranah Kognitif Peserta didik Kelas 7 di SMP Negeri 2 Bambanglipuro Kabupaten Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KePendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022.
Mania Sitti. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alauddin University Press: Makassar, 2013.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Nisa, Sarah Rhausan. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan”. Skripsi. Medan: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2022.
Pribadi, Benny A. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PPS-UNJ, 2009.
Rusmin B., Muhammad. Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan 6, no. 1, 2017.
Rohmawati, Nur. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PAI terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Ngadirojo Pacitan”. Skripsi. Ponorogo: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KePendidikan IAIN Ponorogo, 2020.
Rosdiana, dkk. Pembentukan Karakter: Ditinjau dari Metode Kisah Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran, 2022.
Saat Sulaiman, Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Makassar: Pusaka Almaida Makassar, 2020.
Sadiman, dkk. Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali, 1986.
Sarimaya, Farida. Sertifikasi Guru. Bandung: Yrama Widya, 2008.
Siregar, Syarifuddin. Statistik Terapan Untuk Penelitian. Cet. I; Jakarta: Grasindo, 2005.
Standar Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2014.
Sudjana, Nana. Statistika Pendidikan. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Suntoro, Sucipto. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Solo: Beringin 55, 2007.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional; Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Suryadi. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Manajemen dan Ekonomi Islam. Prenadamedia Group: Jakarta, 2015.
Susilo. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja RoSekolah Dasar Negeriakarya, 2011.
Sutan Mohammad, Badudu J.S dan Zain. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.
Tamami, M Syukron. “Kompetensi Pedagogik Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik PAI Kelas V di SDN 2 Beringin Raya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung”. Skripsi. Lampung: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan KePendidikan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2016.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Cet. I; Jakarta: Rajawali Press, 2008.
Wahuni, Dwi. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru IPS terhadap Hasil Belajar Peserta didik di SMP Manba’ul Ulum”. Skripsi. Metro Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KePendidikan IAIN Metro Lampung, 2022.
Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Wijaya, Erlan. Studi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Ma’ahad Islami Kertapati Palembang, Skripsi. Palembang: Kepustakaan UIN Raden Fatah, 2012.
Yahdiani, Ahmad. “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatun Nasihin Siring Agung kec. Semende Darat Ulu Kab. Muara Enim”. Skripsi. Palembang: Kepustakaan UIN Raden Fatah, 2014.