PENGARUH KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 1 KOTA BOGOR

  • Nurasiah Anhar Universitas Ibn Khaldun Bogor
    (ID)
  • Hidayah Baisa Univrsitas Ibn Khaldun Bogor
    (ID)

Abstract

Dunia pendidikan Islam mempunyai banyak tujuan yang hendak dicapai, termasuk Dalam membentuk karakter religius peserta didik, dengan kedisiplinan shalat berjamaah untuk meningkatkan karakter religius siswa.  Nurasiah Anhar NPM 161104090164 “ Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamah Terhadap Penigkatan Karakter Religius Siswa” Fakultas Agama Islam UIKA Bogor, 2020, skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa Di MTsN 1 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif. Penelitian ini mengambil sampel kelas IX sebanyak 15 % sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa dari jumlah 320 populasi. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner (angket).

Hasil penelitian ini adalah dengan df sebesar 46 dengan nilai r tabel pada tabel pada taraf signifikan 5%, maka diketahui bahwa r tabel 5 % = 0,284. Dengan demikian Hipotesa penelitian dinyatakan bahwa Person Corelation ( 0,635 ) >  r tabel ( 0, 284). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan menyatakan adanya pengaruh yang positif antara kedisiplinan Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa yaitu sebesar  40,3 %. 

The world of Islamic education has many goals to be achieved, including in shaping the religious character of students, with the discipline of praying in congregation to improve the religious character of students. Nurasiah Anhar NPM 161104090164 "The Influence of Discipline of Greeting Prayers on Improving the Religious Character of Students" Faculty of Islamic Studies UIKA Bogor, 2020, thesis. This study aims to determine the effect of the discipline of praying in congregation on the improvement of the religious character of students at MTsN 1 Bogor City. This research uses a quantitative approach. This study took a sample of 15% class IX so that the sample in this study were 48 students from a total of 320 populations. This data collection technique uses a questionnaire (questionnaire).The results of this study are with a df of 46 with a value of r table in the table at a significant level of 5%, it is known that r table 5% = 0.284. Thus the research hypothesis states that Person Correlation (0.635)> r table (0, 284). So that Ho is rejected and Ha is accepted by stating that there is a positive influence between the discipline of praying in congregation on the increase in student religious character, which is 40.3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wiguna, Alviermana ( 2014 ), Isu- isu kontemporer pendidikan islam,Yogyakarta: Budi Utama.

M. Ali, Aisyah ( 2018 ), Pendidikan Karakter, Jakarta: prenada media group.

Anshori Isa ( 2019 ), 101 Fakta Shalat yang membuatmu takut meninggalkannya, Yogyakarta: Araska.

Muhammad kadri, ( 2016 ), Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono, ( 2018 ) Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Lapau Buchari ( 2012 ), Metode penelitian kesehatan , metode ilmiah penulisan skripsi, tesis dan desertasi, Jakarta: yayasan pustaka obor indonesia.

Published
2021-06-29
How to Cite
Anhar, N. and Baisa, H. (2021) “PENGARUH KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTSN 1 KOTA BOGOR”, Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 152-164. doi: 10.24252/ip.v10i1.16641.
Abstract viewed = 983 times