PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI DAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AS’ADIYAH PUTRI II SENGKANG

  • Samsidar . Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syarifuddin Ondeng UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilyas Ismail UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

The purpose of this study is to describe and test the effect of the application of inquiry and discovery models on the learning outcomes of Islamic Cultural History in MTs. As'adiyah Putri 2 Sengkang. This type of research is an ex-post facto research with a quantitative approach. The population in this study were students in MTs As'adiyah Putri 2 Sengkang. Sampling was done by random sampling of 66 students. The results of the study found the effect of applying the inquiry model of 21.4% and discoveri of 5.1% on the SKI learning outcomes. The effect of inquiry and discovery models on student learning outcomes in Islamic Cultural History subjects at MTs. As'adiyah Putri 2 Sengkang by 21.5%. while the remaining 78.5 percent is influenced by other factors.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Amin Suyitno, Dasar-dasar dan proses pembelajaran Matematika Semarang: FMIPA UNNES, 2010.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan RaniekaCipta, 1999.

Hari Suderadjat, Kurikulum Berbasi Kompetensi Bandung: Cipta cekas Grafika, 2004.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Himpunan Peraturan Perundangan di Bidang Pendidikan Nasional Jakarta: CV. Eko Jaya, 2013.

Kunandar, Guru Pofesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan sukses dalam sertifikasi Guru Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

M Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci sukses implementasi Kurikulum 2013.

Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Muhammad Fathurrahman, Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Rusz Media, 2015.

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Prose Belajar Mengajar.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. VIII; Bandung: Rosda Karya, 2002.

Nurhayati, Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2012.

Soerjono Sukanto, Sosiologi Suatu Pengantar Jakarta; PT Raja Grafindo Persada, 2000

Sudirman dkk, Ilmu Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1991.

Wina Sanjaya, Model Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan;Jakarta: Kencana, 2008.

Wismono jaka, Gembira Belajar Sains 4 untuk SD Kelas IV Jakarta: PT Gramedia Widiya Sarana Indonesia, 2002.

Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran Jakarta: Kencana, 2009.

Diterbitkan
2019-06-01
Abstrak viewed = 250 times