EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS RUBELMU DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG

  • Fadri Septa Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
    (ID)
  • Syaripudin Basyar Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
    (ID)
  • Zulhannan Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Akidah Akhlak, RubelMu

Abstrak

Maksimal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemelajaran Akidah Akhlak berbasis RubelMu di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Efektifitas pembelajaran adalah tingkat pencapaian tujuan pembelajaran sehingga dapat membawa hasil yang positif. RubelMu (Rumah Belajar Muhammadiyah) merupakan suatu bentuk kurikulum darurat untuk melaksanakan pembelajaran pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran akidah akhlak berbasis RubelMu di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dapat dikatakan efektif karena adanya kelebihan yang ditemukan selama pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak melalui RubelMu yaitu Pembelajaran melalui RubelMu dapat dilakukan dimana saja, siswa juga lebih dapat memahami materi, hal ini dibuktikan dengan nilai-nilai tugas peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka.  Meskipun dalam pelaksanaann nya terdapat beberapa kendala yang terkait dengan koneksi jaringan yang tidak stabil, namun peserta didik masih tetap dapat melaksanakan pembelajaran dengan cukup baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Zakiah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara. 1996.
Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa. 2010.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana. 2009.
Muzayyin Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Bumi Aksara. 2003.
Suryawati, D. P. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309-322. 2016.
Yuberti, Y. "Penelitian Dan Pengembangan" Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 3(2), 1-15. 2014.
Akmal Hawi. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Rajawali Pers. 2014.
Marzuki Noor. Rumah Belajar Muhammdiyah. Lampung: Rubelmu.id. 2020.
Mulyani, S. Penerapan Teori Humanistik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Bima (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). 2022.
Wawancara dengan Ibu Deksa Ira Lindriyanti, Guru Mapel Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung , 27 September 2021.
Nuruz Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2006.
Hutamy, E. T., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 11(01), 21-26. 2021.
Rohmawati, A. Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32. 2015.
Diterbitkan
2023-01-17
Abstrak viewed = 123 times