Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Lesson Study

  • Puspa Cantika Riana Magister Pendidikan IPA, Universitas Jambi
    (ID)
Kata Kunci: IPA, Keaktifan Belajar Siswa, Lesson Study

Abstrak

Penelitian dilakukan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan lesson study. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Islam Al Falah Jambi dengan sampel yang  berjumlah 25 siswa, yaitu 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki yang dipilih dengan teknik non-probability sampling. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menerapkan lesson study dengan tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan lembar observasi keaktifan belajar siswa yang dilakukan sebanyak 2 siklus lesson study. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus 1 yaitu keaktifan fisik berada pada kategori cukup, keaktifan intelektual dan mental pada kategori kurang, serta keaktifan emosional pada kategori baik. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yaitu keaktifan fisik dan emosional berada pada kategori sangat baik, keaktifan intelektual dan mental berada pada kategori baik. Berpijak dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan lesson study dalam pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal itu terbukti dari adanya peningkatan dari masing-masing indikator keaktifan belajar yang ada.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61.
Andayani, Y., Sridana, N., Kosim, Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2019). Harapan Dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA Dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 53–60.
Anggara, R., & Chotimah, U. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 188–197.
Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester Ii Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121.
Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 248.
Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309.
Hajar, M. U. (2019). Analisis Dialog Pembelajaran IPA Menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) di Salah Satu SMP Kota Bandung. respiratory.upi.edu.
Hidayati, K. M. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV A SD Negeri Panggang Sedayu. BASIC EDUCSTION, 8(18), 1-789.
Kurniawan, D. A., Maretika, L. D., Dasar, S., & Jambi, U. (2018). Ipa Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 41–49.
Meiatun, R. N. D., Susilo, S., & Lisdiana, L. (2014). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis mastery and meaningful learning pada tema manfaat cahaya bagi kehidupan di SMP. Unnes science education journal, 3(1).
Mutiani, M., Warmansyah Abbas, E., Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 3(2), 113–122.
Nuryanta, N. (2016). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Millah, XIV(2), 91–118.
Nuryanto. (2017). Pendekatan Scientific Berbasis Lesson Study Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Konteks Peningkatan Profesionalitas Guru. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 42–51.
Parmin. (2009). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Lesson Study. Varia Pendidikan, 21(1), 11.
Pratiwi, N. I. S., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2021). Analysis of Student Learning Activity in the First Middle School of Jambi City. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 1.
Prihantoro, R. (2011). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Model Lesson Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 100.
Rozhana, K. M., & Harnanik, H. (2019). Lesson Study dengan Metode Discovery Learning dan Problem Based Instruction. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 39–45.
Rahayu, D. S. (2019). Analisis Pola Konstruksi Pengetahuan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Gelombang Menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Di Salah Satu SMP Kota Bandung. In http://repository.upi.edu/35489/. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmiwati, S., Ratnawulan, & Yohandri. (2018). The Implementation of Integrated Natural Science Textbook of Junior High School be Charged on Character-based Shared Models to Improve the Competence of Learners’ Knowledge. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1).
Ratnawati, A., & Marimin. (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif Ap Di Smk Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 77–82.
Riana, P. C. (2019). Analisis Tingkat Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII SMAS Ferdy Ferry Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 327.
Riana, P. C., & Oktavia, Y. (2019). Relationship Between Disciplinary Attitude With The Student Learning Outcomes Of VII Kelas In State 14 Of SMP. Unnes Science Education Journal, 8(1), 92–100.
Setia, I. (2017). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkembangkan Kreativitas Anak. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1), 83–96.
Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA berkarakter peduli lingkungan tema polusi sebagai bahan ajar siswa SMK N 11 Semarang. Unnes science education journal, 2(2).
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta : Bandung.
Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 1(1), 1–5.
Supriyanto, B. (2013). Penerapan Pembelajaran Lesson Study Berbasis Kreatif Dan Produktif Pada Matakuliah Teknik Perkerasan Jalan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Teknologi dan Kejuruan, 36(1), 29–40.
Susetyarini, E., Wahyuni, S., & Roimil, L. (2021). Lesson study learning community melalui model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam pembelajaran IPA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(2), 141–152.
Vitantri, C. A., & Asriningsih, T. M. (2016). Efektivitas Lesson Study Pada Peningkatan ( Effectiveness of Lesson Study. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, I(1), 23–33.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Wiguna, I. G. L. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Ardana, I. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Hands on Mathematics Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V DI SD. 1.2.5 Banyuasri. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 4(1), 1–13.
Winarti. (2013). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penyusutan Aktiva Tetap Dengan Metode Menjodohkan Kotak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 8(2), 123–132.
Yuliantari, N.P.E., Wiarta I W., Abadi, I. B. G. . (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Keaktifan Dan Penguasaan Kompetensi Pengtetahuan Matematika Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).
Yuniani, A., Ardianti;, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, Vol (2)(2), 18–23.
Diterbitkan
2024-06-27
Abstrak viewed = 81 times