STUDI PENDAHULUAN INTEGRASI KEISLAMAN PADA KOMPETENSI KESEHATAN MASYARAKAT
Abstrak
Di Indonesia sendiri telah memiliki berbagai macam jenis universitas yang terikat dengan agama salah satunya universitas islam negeri maupun swasta untuk meningkatkan integritas keagamaan pada setiap mahasiswanya (Umam 2018). Integrasi islam serta ilmu pengetahuan diupayakan untuk tetap sejajar dan berada diposisi yang sama dalam mendapatkan ajaran serta pengetahuannya. Pentingnya integrasi keislaman dalam kesehatan menjadikan alasan kuat peneliti untuk membuktikan sejauh mana pemahaman mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dalam hal integrasi dan kesehatan. Tujuan : penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana integrasi keislaman pada kompetisi dibidang kesehatan masyarakat. Metode : desain penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang melibatkan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sebanyak 35 mahasiswa yang berada di semester VII (Tujuh). Sampel diambil secara random yang berlangsung selama kurang lebih 1 bulan (September-oktober). Hasil : mahasiswa FKM UINSU sadar bahwa keterampilan dalam penilaian keagamaan itu diperlukan dan juga Mahasiswa FKM UINSU telah memiliki kesadaran dalam analisis data dan keterampilan penilaian, Serta terkait pengembangan kebijakan dan keterampilan perencanaan program. pada variabel terakhir mahasiwa memiliki kesadaran terkait keterampilan kepemimpinan dan berfikir sistem, hal ini membuktikan bahwa sebagai mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam memimpin dan mampu menyelesaikan masalah secara luas dan dinamis agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Kurniawan, Rudi Erwin et al. 2022. “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia.” Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2(1): 163–73.
https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-.
Susanti, Nurlaili, and Riskiyah Riskiyah. 2022. “Integrasi Nilai Islam Dalam Kurikulum Pendidikan Kedokteran.” Journal of Islamic Medicine 6(1): 11–20.
Umam, Muhamad Khooirul. 2018. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.”
Depdinkas. (2002). SK No. 38. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
Depdinkas. (2003). Media pembelajaran. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menegah Direktorat Tenaga Kependidikan
Muhadjir, Noeng. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif Pendekatan Positivistik, Rasionalistik, Phenomenologik, dan Realisme Metaphisik Telaah Studi Teks dan Penelitian Agama
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Rohman, M., & Hairudin, H. (2018). Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 21. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3