PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa E-modul berbasis Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik secara daring atau luring. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket dan soal pretest-posttest berpikir kreatif terhadap 20 siswa di SMA Negeri 10 Sarolangun. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa E-modul berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran pada tahap uji coba. Respon guru dan tanggapan siswa terhadap E-modul yang dipelajari adalah sangat baik untuk digunakan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan. Sedangkan untuk keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain yang diperoleh yang berada pada kategori . Hal ini berarti bahwa E-modul yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitin selajutnya diharapkan dapat mengembangkan E-modul berbasis Problem Based Learning ini pada materi lainnya yang berorientasi pada keterampilan berpikir kreatif atau keterampilan abad 21 lainnya.
Kata kunci: Pengembangan, E-modul, Problem Based Learning, Berpikir kreatif, Sistem Pencernaan Manusia
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akinoglu, O. & R. O. Tandogan, (2007), The Effects Of Problem-Based Active Learning In Science Education On Students’ Academic Achievement, Attitude And Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1): 71-81.
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Anwar, Ilham. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.
Anwar, M. Nadeem., Muhammad Aness., Asma Khizar., Muhammad Naseer., Gulam Muammad. 2012. Relationship of Creative Thinking with the Academic Archivments of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Edudation, Vol. 1, Issue 3.
Anwar, Muhammad N., Sahibzada S. Rasool, dan Raheel Haq. 2012. “A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary”. Journal of Education 1.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Baş, G., & Beyhab, Ömer. (2017). Effects of multiple intelligences supported project-based learning on students’ achievement levels and attitudes towards English lesson. International Electronic Journal of Elementary Education, 2(3), 365–386. Retrieved from https://iejee.com/index.php/
Chiang C. L. dan Lee, H. (2016). The Effect of project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709-712.
Dale, Edgar. (1946). Audio-Visual Methods in Teaching. NY: Dryden Press.
Daryanto (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif . Jakarta: AV Publisher.
Davcev, D., Stojkoska, B., Kalajdziski, S., & Trivodaliev, K. (2016). Project based learning of embedded systems. Republic of Macedonia, 2(1),120-125.
Dimhad. (2014). Penggunaan E-Modul Interaktif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Saraf, Kemampuan Generik Sains Dan Berpikir Kritis. Retrieved Januari 20, 2016, from http://dimhad13.110mb.com/buku6/a.pdf
Fausih, Moh dan Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura-Vol. 01, No.01.
Gagne dan Briggs ( 1975) Instructional Technology: Foundations. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Publishers.
Gough, D. 1991. Thinking about Thinking. Alexandria, Virginia. National Association of Elementary School Principals.
H.Malik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya
Hawadi, Wiharjo & Wiyono. (2001). Kurikulum Berdiferensiasi: Panduan Bagi Penyelenggara Program Percepatan Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husniati, Afrida, Suciati, & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) disertai Diagram Pohon pada Materi Fotosintesis Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawoo. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA.
Ismaimuza, Dasa. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi. Bandung: Tidak Diterbitkan.
Jonias, H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Module Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Elektronika di Smpn 6 Surabaya,” vol. 03, p. 5.
Kao, C. (2014). Exploring The Relationships Between Analogical, Analytical, and Creative Thinking. Thinking Skills and Creativity, 13, 80-88.
Khodijah, Nyanyu. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press Suriasumantri
Maxwell, John C. (2004). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam: Karisma Press.
Meintjes, H. & Grosser, M. (2010). Creative thinking in prospective teachers: the status quo and the impact of contextual factors. South African Journal of Education, 30, 361-386.
Muhson, A. (2009). Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa melalui Penerapan Problem Based Learning. Jurnal Kependidikan, 39(2), 171-182.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, S.C. Utami, (1999), Kreativitas dan Keberbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta.
Ruangguru. (2019). Apa Saja Sistem Pencernaan Pada Manusia. Retrieved October 14, 2021, from https://www.ruangguru.com/blog/sistem-pencernaan-manusia
Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.. (2010). Penelitian Kelas. Kencana: Jakarta.
Saputro. (2009). Modul vs E-Modul Tim UNY 2016.
Smith, P. L. & Ragan, T. J. .(1999). I nstructional desig n . New York: Macmillan Publishing Company.
Suarsana, I Made & Mahayukti, G.A.. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). 2. 193. 10.23887/janapati.v2i3.9800.
Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.
Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2010) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Tan, Oon-seng. (2009). Problem-based Learning and Creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Tan, Oon-seng. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century, thompson Learning.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wang, Amber Y. (2011). “A Comparison on Creative Performance of Student Teachers in Taiwan and the United States.” Taiwan. National Taichung University of Education. Retrieved from: [email protected]
Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Yokhebed, and Sudarisman, Suciati and Sunarno, Widha. (2012) PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR. Universitas Sebelas Maret, 1 (3). pp. 183-194. ISSN 2252-7893
Yunianta. T.N.H., Rusilowati A., Rochmad. (2012). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Implementasi Project-Based Learning Dengan Peer And Self-Assessment. Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
Zahid, M. A., Varghese, R., Mohammed, A. M., & Ayed, A. K. (2016). Comparison of the problem based learning-driven with the traditional didactic-lecture- based curricula. International Journal of Medical Education, 7, 181–187. https://doi.org/10.5116/ijme.5749.80f5