Kompetensi Manajemen Kelas Guru di Kelas IV MIS Al Jamiatul Ikhlas Tanjungbalai
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui bagaimana kompetensi guru dalam memanajemen kelasnya khususnya di kelas IV MIS Al Jamiatul Ikhlas Tanjungbalai. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan studi deskriptif dengan subjek penelitian adalah ruangan kelas, kegiatan belajar mengajar, dan guru wali kelas IV MIS Al Jamiatul Ikhlas Tanjungbalai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kompetensi manajemen kelas guru di kelas IV MIS Al Jamiatul Ikhlas masih tergolong rendah karena hanya mampu memaksimalkan satu dari keempat segi manajerial kelas yaitu segi sosio emosioanl, sementara segi yang belum dipenuhi adalah segi fisik, organisasional, dan administrasi teknik. Guru jua belum mampu menghadapi kendala manajerial yang dihadapi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Albdul Maljid, Dialn Alndalyalni. (2005). Pendidikaln Algalmal Islalm Berbalsis Kompetensi Konsep daln Implementalsi Kurikulum. Balndung: Remaljal Rosdalkalryal
Asmani. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inovatif. Jakarta: Diva Press.
Carolyn, M.E. & Edmund, T.E. (2015). Terj. Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar Edisi Kedelapam. Jakarta: Prenadamedia Group.
E. Mulyalnal. (2005). Kurikulum Berbalsis Kompetensi, Kalralkteristik daln Implementalsi. Balndung: Remaljal Rosdalkalrya.
Moh. Uzer Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Mancana Jaya Cemerlang.
Sudirman. (1992). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugihartono, dkk, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi, A. (1988). Pengelolaan Kelas dan Peserta didik. Jakarta: Rajawali.
Suharsimi, A. (1992). Pengelolaan Kelas dan Peserta didik. Jakarta: Rajawali.
Tim Primal Penal. (2006). Kalmus Ilmialh Populer. Suralbalyal: Medial Press.