INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 8 SATAP TELAGA BIRU

  • Sandrawati Mohamad Simon IAIN Sultan Amai Gorontalo
    (ID)
  • Kasim Yahiji
    (ID)
  • Zohra Yasin
    (ID)
  • Lukman Arsyad
    (ID)
Kata Kunci: Internalization, Religious Moderation, Independent Curriculum

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini menjelaskan Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 8 Satap Telaga Biru. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan objek penelitian formal dan material. Adapaun teknik pengumpulan data mencari data yang akan digunakan untuk mengetahui suatu gambar tentang hal yang akan diteliti, dibahas atau dianalisis. Dan teknik pengolohan data yang digunakan mengolah sebuah data menjadi informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pembahasan peneliti menyimpulkan pelaksanaan moderasi beragama harus diterapkan di lingkungan pendidikan dalam pembentukan sikap moderat dalam beragama bagi peserta didik. Untuk itu perlunya pengembangan kurikulum PAI di sekolah yang mengajarkan moderasi Islam pendidikan pesantren untuk menghadirkan gerakan Islam moderat di kalangan peserta didik yang mengembangkan ajaran: (1) untuk membangun kerukunan (toleransi) di antara kelompok-kelompok yang berbeda, baik di luar Islam maupun di dalam Islam itu sendiri; (2) menebarkan perdamaian di lingkungan sosialnya; (3) mengedepankan dialog antar agama dan (4) menanamkan sikap keterbukaan dengan fihak luar dan 4) menolak ujaran kebencian (hoax) baik didalam dan luar sekolah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A D Susandi and M M Maq ‘Program Pembinaan Pengelolaan Kurikulum Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTs Al Ishlah Garawangi Sumberjaya Kabupaten Majalengka’, Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi …, 6.1 (2023), 45–52

Abdul Aziz Aceng, dkk, Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam, (Jakarta: Lembaga Daulat Bangsa, 2019), h. 5

Abdul Hakam Kama dan Syarief Nurdin Encep, Metode Internalisasi Nilai-Nilai (Untuk Modifikasi Perilaku Berkarakter), (Bandung: Maulana Media Grafika, 2016), h. 5-6

Departemen Pendidikan Nasional RI, UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), (Jakarta: Sinar Grafika, 2003), h. 9.

Gunawan,Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25

Hidayat Rahmat t & Abdillah, n.d. Ilmu Pendidikan. LPPPI: Medan, 2019) h. 24

Kemendikbud, ‘Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Penguatan Karakter Dalam Masyarakat Heterogen’, Prosiding Nasional, 4.November (2021), 127–46

Khoirurrijal, dkk, Pengembangan Kurikulum Merdea, (Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2022), h. 7

Manalu Juliati Boang and others, ‘Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar’, Mahesa Centre Research, 1.1 (2022), 80–86

Maritsa Ana and others, ‘Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan’, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18.2 (2021), 91–100

Muhammad, Metode Penelitian Bahasa (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), h. 30

Rahayu Restu, and others, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 6313–19.

Sari Intan ‎ and Septi Gumiandari, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring ‎Di SMKN 2 Cirebon ‎’, Journal of Education and Culture, 2.3 (2022), 1–11.

Sunarso Ali, ‘Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius’, Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10.2 (2020), 155–69

Suprapto Suprapto, ‘Integrasi Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18.3 (2020), 355–68.

Susilowati Evi, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1.1 (2022), 115–32

Syahid Elihami, E, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.

Tsamrotul Dhiya Ayu Ihtiari and others, ‘Pendidikan Moderasi Beragama Pada Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Purworejo Religious Moderation Education in the Merdeka Curriculum at SMK Negeri 1 Purworejo’, JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipiner, 2.1 (2023), 22–32

Widodo Priyantoro dan Karnawati, “Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme agama Kristen”, Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol.15, No.2 (Oktober 2019), 10

Zainuri Ahmad Fahri, mohammad, ‘Moderasi Beragama Di Indonesia Mohamad’, Religions, 13.5 (2022), 451
Diterbitkan
2023-12-05
Abstrak viewed = 368 times