Pengaruh Model Pembelajaran Reading Identifying Constructing Solving Reviewing Extending (Ricosre) terhadap Kemampuan Literasi dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Jabung Barat

  • Farida Azzahra Universitas Jambi
    (ID)
Kata Kunci: Kata Kunci : RICOSRE, literasi sains, proses sains, & siswa.

Abstrak

Abstrak: Kemampuan literasi adalah kemampuan untuk menerapkan konsep, prinsip ilmiah,
dan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari. Mengintegrasikan keterampilan literasi sains ke
dalam pembelajaran sangat penting. Melalui berpikir, memahami, dan bertindak dengan cara
yang akurat secara ilmiah, keterampilan literasi tidak hanya meningkatkan pengetahuan ilmiah
tetapi juga meningkatkan keterampilan proses. Keterampilan proses sains menuntut siswa untuk
menganalisis, menciptakan sains, dan memperoleh pengetahuan melalui prosedur atau
metodologi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran reading identifying constructing solving reviewing extending (RICOSRE)
terhadap kemampuan literasi dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem
pencernaan ada manusia kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan
adalah preetest post-test control group design dengan pola desain penelitian quasi experiment.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 siswa. Instrumen yang digunakan berupa wawancara,
lembar observasi, dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Manova.
Berdasarkan hasil uji statistik pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan
literasi sains siswa diperoleh nilai sebesar 0,001<0,05. Sedangkan keterampilan proses sains
siswa diperoleh nilai signya sebesar 0,001<0,05, kesimpulannya bahwa model RICOSRE
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa dan
keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat.
Kata Kunci : RICOSRE, literasi sains, proses sains, & siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Afiyanti, N. A., Cahyono, E., & Soeprodjo. (2018). Keefektifan Inkuiri Terbimbing
Berorientasi Green Chemistry Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal
Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1), 1281–1288.
Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2019). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata
Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. 1(22), 1–
16. http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/
Agravion, R. (2018). Studi Histologi Lambung Sapi Aceh. 2(1), 262–267.
Alhudaya, M. T., Hidayat, A., & Koeshandayanto, S. (2018). Pengaruh Inkuiri
Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Optik
Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1398–1404.
http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11747/5566
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2021). Taxonomy for Assessing a Revision 0F
Bl00M’S Tax0N0My 0F Educati0Nal Objectives.
https://www.uky.edu/~rsand1/china2018/texts/Anderson-Krathwohl - A
taxonomy for learning teaching and assessing.pdf
Arief, M. K., & Utari, S. (2018). Implementation of Levels of Inquiry on Science
Learning To Improve Junior High School Student’S Scientific Literacy Penerapan
Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Literasi Sains
Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 117–125.
Arisman, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode
Praktikum Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains
Siswa. Seminar Nasional Fisika, IV, 89–92.
Assaad, F. (1990). Problem Solving and Creative Thinking in CEGEP Curriculum:
Evaluation, Recommendations, Course Proposais and Annotated Bibliography.
http://www.cdc.qc.ca/parea/704963-assaad-problem-solving-creative-thinkingchamplain-PAREA-1990.pdf
Baihaqi, I., Priyono, A., Prasetyo, B., & Retnoningsih, A. (2018). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Lingkungan Hidup Berisi Konservasi dengan Pendekatan
Scientific Skill pada Pengolahan Sampah Organik di Sekolah. Lembar Ilmu
Pendidikan, 44(2), 116–122. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Brookhart, S. M. (2017). How to assess thinking higher-order skills in your classroom.
In Journal of Education (Vol. 88, Issue 18).
https://doi.org/10.1177/002205741808801819
Derlina, & Nst, L. A. (2019). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Training
Berbantuan Media Visual Dan Kreativitas Creativity-Assisted Inquiry Training
Learning Model on Students ’ Science Process Skills. Jurnal Cakrawala
Pendidikan, 15(2), 153–163.
Diani, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan
Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96
Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Eko Nugroho, S., & Yulianti, I. (2018). Physics Communication Keefektifan Model
Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap
Keterampilan Proses Sains Siswa. Phys. Comm, 2(1), 63–69.
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc
Ennis, R. H. (2019). Critical thinking: Its nature, measurement, and improvement.
National Inst. Of Education, 11(1), 217–232.
https://pdfs.semanticscholar.org/80a7/c7d4a98987590751df4b1bd9adf747fd7aaa
.pdf
Hayat, B., & Yusuf, S. (2021). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Bumi
Aksara.
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, &
Mohamad, M. M. B. (2018). The Level of Marzano Higher Order Thinking
Skillsamong Technical Education Students. International Journal of Social
Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/10.7763/ijssh.2011.v1.20
Ketabi, S., Zabihi, R., & Ghadiri, M. (2020). Bridging theory and practice: How creative
ideas flourish through personal and academic literacy practices. International
Journal of Research Studies in Psychology, 2(2).
https://doi.org/10.5861/ijrsp.2012.182
Khasanah, M., Roini, C., & Bahtiar, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre
Berbantuan Videoscribe Dan Quizziz Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif
Siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 5(1), 1.
https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4417
Krulik, S., & Rudnick, J. A. (2021). Problem Solving: A Handbook for Elementary
School Teachers. In Africa’s potential for the ecological intensification of
agriculture.
Magno, C. (2018). The role of metacognitive skills in developing critical thinking.
Metacognition and Learning, 5(2), 137–156. https://doi.org/10.1007/s11409-010-
9054-4
Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran Ricosre Yang Berpotensi
Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. JUrnal Pendidikan, 2(5), 676–
685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., & Ismirawati, N. (2019).
RICOSRE: A learning model to develop critical thinking skills for students with
different academic abilities. International Journal of Instruction, 12(2), 417–434.
https://doi.org/10.29333/iji.2019.12227a
Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran
Ipa Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).
https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
Mawaddah, K., Mahanal, S., Gofur, A., Setiawan, D., & Zubaidah, S. (2021).
RICOSRE: An innovative learning model to promote scientific literacy. AIP
Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043303
Miterianifa. (2021). Strategi Pembelajaran Kimia. Pustaka Mulya.
Muslim, G. (2014). Aktivitas Proporsi Berbagai Cairan Rumen dalam Mengatasi Tannin
dengan Tehnik In Vitro. Jurnal Peternakan Sriwijaya, 3(1), 25–36.
https://doi.org/10.33230/jps.3.1.2014.1727
Mutiara Anisa, T., Imam Supardi, K., & Sri Mantini Rahayu Sedyawati, D. (2018).
Keefektifan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berbantuan Lembar Kerja
Siswa Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1398–
1408.
Nurdin. (2020). Kurikulum Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading,
Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised
Edition). In OECD Publishing.
Özdemir, O., & Işik, H. (2019). Effect of inquiry-based science activities on prospective
elementary teachers’ use of science process skills and inquiry strategies. Journal
of Turkish Science Education, 12(1), 43–56.
https://doi.org/10.12973/tused.10132a
Pearce, E. C. (2019). Anatomi dan Fisiologi Untuk Para Medis. Prima Grafika.
Priansa, D. (2020). Manajemen Peserta Dan Didik Model Pembelajaran. Alfabeta.
Puspitasari, & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa dalam
Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Jurnal Pendidikan
Matematika, 8, 155–166.
Rebori, M. (2017). Effective Problem-Solving Techniques for Groups.
http://mjewald32.pbworks.com/
Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru,
Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas.
Kencana.
Rubini, B., Suhartoyo, H., & Permanasari, A. (2018). Apakah inkuiri ilmiah berbasis
investigasi kelompok dapat meningkatkan kerja ilmiah dan literasi sains siswa ?
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 149–157.
http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Jurnal
Rusman. (2019). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.
PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2020a). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Prenada.
Sanjaya, W. (2020b). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Kencana.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Prenada.
Sujana, A., & Sopandi, W. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif Teori dan
Implementasi. Raja Grafindo Persada.
Sumiati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2018). Potensi Pembelajaran RICOSRE
pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan :
Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1319–1322.
Susilawati. (2019). Hakikat Sains Dalam Praktik Pembelajaran Sains Disekolah Dasar.
CV Mulia Kemala.
Suyono, & Hariyanto. (2018). Implementasi belajar dan pembelajaran. PT. Remaja
Rosda Karya.
Thomson, S., Hillman, K., & De Bortoli, L. (2018). A Teacher’s Guide to PISA Reading
Literacy.
Toharudin, Hendrawati, & Rustaman. (2017). Membangun Literasi Sains Peserta Didik.
Humaniora.
Trianto. (2019). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Prestasi Pustaka.
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2019). Fostering the 21st Century
Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social
and Behavioral Sciences, 59, 110–116.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253
Waluyo, S. (2022). Implementasi model projek based learning di SMPN 2 Klangenan
Cirebon. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 3(2), 77–85.
Wardani, I., & Djukri, D. (2019). Teaching science process skill using guided inquiry
model with starter experiment approach: an experimental study. JPBI (Jurnal
Pendidikan Biologi Indonesia), 5(2), 277–284.
https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.8429
Yuliati. (2017). Literasi Sains Dalam Pemeblajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas,
2(3), 21–28.
Diterbitkan
2024-06-30
Abstrak viewed = 82 times