KONSEP PEMBELAJARAN PAI DALAM AL-QUR’AN SURAH LUQMAN AYAT 12-19

  • Mohammad Iqbal Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk; 1)mendeskripsikan Bagaimana metode pembelajaran PAI dalam al-Qur‟an, 2) Mengemukakan Bagaimana konsep pembelajaran PAI dalam al-Qur‟an surah luqman ayat  12-19, 3) menganalisis implikasi dampak pembelajaran PAI dalam al-Qur‟an surah luqman ayat  12-19.   Penelitian ini tergolong library research, data yang dikumpulkan dengan mengutip, menyadur, dan menganalisis dengan menggunakan analisis pengumpulan data terhadap literatur yang representatif dan mempunyai relevansi dengan masalah yang dibahas, kemudian mengulas dan menyimpulkannya. Hasil penelitian dalam tesis ini mengungkap sosok seseorang hamba yang sholeh yang bernama Luqman dia berasal dari Habsy (Ethiopia). Orang-orang menggelar hamparan untuknya, membuka lebarlebar pintu untuknya  dan amat senang dengan perkataannya. Dan beliau juga di juluki seorang pendidik yang baik. Dia senang tiasa mendidik anaknya untuk bertauhid dan tidak berbuat kesyirikan, dan memberikan penjelasan untuk meninggalkannya. Kemudian beliau juga memerintahkan kepada anaknya untuk senangtiasa berbuat baik kepada kedua orang tua dan menerangkan tentang penderitaan orang tua selama ia di dalam kandungan. Akan tetapi apabila kedua orang tuamu memerintahkan untuk berbuat kesyirikan maka jangan sekali-kali melakukannya. Abu darda berkata menceritakan Luqman al-Hakim: dia tidak pernah diberikan sesuatu seperti keluarga, harta, kehormatan dan sesuatu hal akan tetapi dia adalah seseorang yang tangguh, pendiam, pemikir dan berpandangan dalam. Maka dari itu dia diberikan pemahaman tentang islam, padahal dia bukan seorang nabi dan tidak diberikan wahyu

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Kementerian Agama RI, al-Qur‟an dan Terjemah. Bandung: Sygma Publishing, 2010. Abd. Rahman Getteng. Pendidikan Islam dalam Pembangunan; Moral, Remaja, Wanita, dan Pembangunan. Makassar: Yayasan Al-Ahkam, 1997. Abdul Ghoffar dkk, Tafsir Ibnu Katsir. Jakarat: Pustaka Imam Asy-Syafi‟i, 2008 Majid, Khon Abdul, Hadis Tarbawi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012. Muin, Salim Abdul. Fiqih Siyasah; Konsepsi Kekuasaan Politik dalam al-Qur‟an, Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Munir, Mulkam Abdul. Paradigma Intelektual Muslim Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: Gema Insani Press, 1994. Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang. Sisitem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Ri, 2003 Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 1994. Surasman Otong. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Erlangga, 2016. Izzan dkk. Hadis Pendidikan Konsep pendidikan Berbasis Hadis. Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan, 2016. Samad Mukhtar. Gerakan Moral dalam Upaya Repolusi Mental . Yogyakarta: Sunrise, 2016. Jawas, Yazid bin Abdul Qadir. Syarah Arba‟in An-Nawawi . Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi‟i, 2016. Al-Asqalani, Ibnu Hajar, Kitabul Jami‟.. cet. III. Yogyakarta: Belajar Islam, 2013.

Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam. Penjelasan Hukum dari kitab Bulughul Maram.. Jakarta: Pustaka Azzam, 2016.

Abdillah Abu, Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim al-Bukhaari. Sahih Bukhari dalam kitab 9 imam hadits Ver. 1 (CD-ROM). Lidwa Pustaka i-Sofware, 2009. Abdullah, Sani Ridwan, Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter . Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Malik, Abu Kamal Bin Sayyid Salim, Sahih Fikhi Sunnah. Jilid 1. Mesir: Maktabah taufikiyyah, 2013.

Husain Abil, Muslim bin al Hajjaj al Qusyairie an Naisaburie. “Sohih Muslim”, (Beirut, Libanon: Darul Fikri 2013.

Majid, Abdul Khon, Hadis Tarbawi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Rachman, Abdul Shaleh. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Diterbitkan
2019-06-30
Abstrak viewed = 2225 times