KONSEP DISTRIBUSI ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT

  • Muslihati Muslihati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Tujuan manusia dalam berekonomi adalah terpenuhinya kebutuhan hidup, dan sekaligus meraih kesejahteraan dan kebahagiaan. Manusia tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan jasmani maupun naluri tanpa memiliki kekayaan, sehingga manusia berusaha keras untuk mencari kekayaan, menghimpun dan mengelolanya dengan baik. Namun kehidupan dan perilaku manusia tidak dapat terlepas dari keinginan atas dasar nafsu besar yang telah membuat manusia bersaing untuk menguasai harta dan bahkan mereka berjuang mati-matian demi menguasainya dan memperbanyak kekayaan. mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan di tengah masyarakat. salah satu persoalan yang terjadi dilingkungan masyarakat saat ini adalah persoalan distribusi. Ketidak adilan dalam berdistribusi memberikan dampak terhadap ketimpangan dan kemiskinan. ekonomi Islam menawarkan sistem pendistribusian ekonomi yang mengedepankan prinsip larangan riba dan gharar, keadilan dalam distribusi, konsep kepemilikan dalam Islam dan larangan menumpuk harta. Hal tersebut bertujuan agar harta itu jangan hanya beredar di antara golongan kaya dikalangan kamu. Disamping itu, instrument zakat salah satu model distribusi yang memiliki banyak makna dan dimensi diantaranya yaitu sosial, moral, dan ekonomi yang berimbas pada meningkatnya zakat yang dikeluarkan sehingga dapat menciptakan kesejahteraan di tengah masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio Syafi’i, Muhammad, 2001, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

A’yun, Qurratul. “Kesejahteraan Ekonomi rakyat; di antara Harapan dan realitas”. Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal Th. VII No. 12 Jan 2010.

Departemen Agama RI, 2009, Mushaf Al-Qur;an dan Terjemah, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Fadllan. “Konsep Kesejahteraan dalam Ekonomi Islam: Perspektif Maqashid al-Syariah”. AMAL: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol.I No.1 2019.

Feryanto, Nur, Ekonomi Makro Islam, Materi Kuliah S2 Ekonomi Islam UII, t.th

Holis, Moh. “Sistem Distribusi Perspektif Ekonomi Islam”. Jurnal Masharif al-Syariah Vol. I No. 2 November 2016.

Karim, Adiwarman, 2016, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: Rajawali Pers.

Mannan, M. Abdul, 1997, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, terj. M. Nastangin, Yogyakarta: Dhana Bakti wakaf.

Noor, Ruslan Abdul Ghofur, 2013, Konsep Distribusi Dalam Ekonomi Islam dan Format Keadilan Ekonomi di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Afzalur, 1995, Economic Doktrines Of Islam, terj. Soeroyo dkk, Yogyakarta: Dhana Bakti Wakaf.

Qardawi, Yusuf. 1997, Dauru al-Qiyam wa al-Akhlaq fi al-Iqtisad al-Islami (Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam), terj. Didin Hafidhuddin dkk., Jakarta, Robbani Press.

Qardhawi, Yusuf. 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Press

Rahman, Afzalur. 1995. Economic Doctrines of Islam (Doktrin Ekonomi Islam II), terj. Soeroyo dan Nastangin, Yogyakarta, Dana Bhakti Wakaf.

Sardar, Ziauddin . “Kesejahteraan Dalam Perspektif Islam Pada Karyawan Bank Syariah”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 3 No. 5 Mei 2016.

Yunus, Mahmud, 2007, Kamus Arab Indonesia, Ciputat: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah

Published
2019-12-27
How to Cite
Muslihati, M. (2019). KONSEP DISTRIBUSI ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT. Jurnal Iqtisaduna, 5(2), 250-263. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v5i2.18976
Section
Volume 5 Nomor 2 (2019)
Abstract viewed = 779 times