Ideologi Dan Isme Dalam Sistem Ekonomi

  • Muslihati Muslihati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Resky Amalia Hamiruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Resky Amaliyah S Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Dua aliran besar pemikiran yang mewarnai sistem ekonomi dunia hingga saat ini adalah sosialisme dan kapitalisme. Kapitalisme menuntut adanya pengumpulan harta kekayaan secara bebas, persaingan bebas dalam politik, pasar bebas dalam perdagangan, kehidupan yang bebas dalam pergaulan, pemerintahan yang bebas. Sosialisme mempunyai pandangan bahwa semua orang adalah bersaudara, pengaturan sama rata sama rasa, perbedaan kelas kaya dan miskin dihapuskan, kaum buruh tani dikelola dalam partai sosialis. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif yaitu kajian pustaka, objek pembahasan bersumber pada penelitian terdahulu, artikel dan buku referensi yang terkait dengan topik ini. Hasil penelitian yang didapatkan adalah dua ideologi atau aliran pemikiran yang berbeda ini perlu diseimbangkan dalam satu titik temu yaitu pemikiran perekonomian jalan lurus ketiga yang mewajibkan para kapitalis membayar zakat untuk living cost para musthad’afin. Itu tidak lain adalah ideologi Islam dengan praktek ekonominya sebagai The Third Way merupakan perimbangan (evenwichtigheid) atas kapitalisme dan sosialisme karena dalam ekonomi Islam etika, logika dan estetika terlihat jelas.


References

Adawiyah, Rabiatul. 2012. “Perspektif Beberapa Ideologi Tentang Ekonomi”. Jurnal Studi Ekonomi 3. No. 2: 174-180.

Aida, Ridha. 2005. “Liberalisme dan Komunitarianisme: Konsep Tentang Individu dan Komunitas”. Demokrasi 4. No. 2: 102-103.

Chaudhry Sharip, Muhammad (2012). Sistem Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Huda, Choirul. 2016. “Ekonomi Islam Dan Kapitalisme (Merunut Benih Kapitalisme Dalam Ekonomi Islam)”. Economica 7. No. 1: 45-46.

Kuncoro, Mudrajad. 1997. “Ekonomi Islam Konsep dan Metodologi”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 12. No.12.

Ma’arif, Syamsul. 2006. “Dinamika Peran Negara Dalam Proses Liberalisme dan Privatisasi”. Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik 10. No. 2: 28, 100.

Sayyid Santoso, Nur. 2010. “Sejarah Ideologi Dunia: Kapitalisme, Sosialisme, Komunisme, Fasisme, Anarkisme, Anarkisme Dan Marxisme, Konservatisme. Yogyakarta. Eye on The Revolution Press.

Sumarsono, Dicky. (2016). “Sistem Perekonomian Di Negara-Negara Dunia”. Jurnal Akuntansi Dan Pajak 16. No. 2:26.

Tho’in, Muhammad. 2015. “Konsep Ekonomi Islam Jalan Tengah (kapitalis Sosialis)”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1. No. 3: 126-128.

Section
Artikel
Abstract viewed = 3110 times