Upaya Pengembangan Corporate Sosial Responsibility Perspektif Ekonomi Islam

  • nikma masruroh IAIN Jember

Abstract

Kajian ini berangkat dari pengembangan Corporate Sosial Responsibility (CSR)  yang dilakukan oleh Bank Indonesia Jember. Setiap lembaga pasti memiliki CSR hanya saja CSR yang dikembangkan BI Jember ini memiliki keunikan, yaitu pada beberapa klaster, namun klaster yang paling banyak diminati dan berkembang pesat yaitu klaster cabe merah, sapi perah dan klaster kopi Arabika. Klaster-klaster ini mampu menyerap tenaga kerja karena produksinya sudah bisa diekspor ke luar negeri. Oleh karena itu, perlu dikaji lebih mendalam mengenai  upaya pengembangannya dan dampak yang ditimbulkan, kemudian dianalisis dengan perspektif Islam agar kajian tersebut bisa benar-benar memiliki nilai manfaat baik dari sisi sosial maupun keagamaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin, Achmad. 2014. Peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Mendorong Perekonomian Daerah Laporan Bank Indonesia. Jakarta.

Inoed, Amiruddin dkk. 2005. Anatomi Fiqh Zakat : Potret & Pemahaman Badan Amil Zakat Sumatera Selatan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ardianto, Elvinaro dan Dindin M Machfudz. 2011. Efek kedermawanan Pebisnis dan CSR. Jakarta:Kompas Gramedia.

Arifuddin. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Budi Kumala Dewi. 2013. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengaruhnya Terhadap Laba Perusahaan pada UKM Batik Bakaran di Kota Pati.

Djakfar, Muhammad. 2007. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Malang: UIN Malang Press.

Dwi Triyanto. 2013 Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) oleh PT. Hino Motors Sales Indonesia.

Eko Adhy Kurnianto. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan” Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2008.

Hafidhuddin, Didin. 1998. Panduan Praktis tentang Zakat, Infaq, dan Shadaqah. Jakarta : Gema Insani.

Kartini, Dwi. 2013. CSR Tranformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: ALFABETA.

Qardhawi, Yusuf. 1998. Hukum Zakat. Jakarta: Pustaka Litera Antar Nusa.

Rudito, Bambang dan Melia Famiola. 2007. Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Bandung: Rekayasa Sains.

Rudito, Bambang dan Melia Famiola. 2013. CSR (Corporate Social Rensponbility). Bandung: Rekayasa Sains.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yosephus, Sinuor. 2010. Etika Bisnis Pendekatan Filsafat Moral terhadap Perilaku Pebisnis Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Published
2018-07-03
How to Cite
masruroh, nikma. (2018). Upaya Pengembangan Corporate Sosial Responsibility Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Iqtisaduna, 4(1), 46-61. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v4i1.5039
Section
Volume 4 Nomor 1 (2018)
Abstract viewed = 495 times