PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL GAMALAMA KOTA TERNATE

  • Kataruddin Tiakoly STKIP Kie Raha
    (ID)
  • Abdul Wahab Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Artikel ini membahas tentang Penerapan Etika Bisnis Islam pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama Kota Ternate, dari fokus masalah tersebut dijabarkan sub pokok masalah sebagai berikut:, Bagaiamana konsep penerapan etika bisnis Islam dan bagaimana bentuk penerapan Etika bisnis Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah saw., pada usaha pedagang barang campuran di pasar tradisional Gamalama Kota Ternate provinsi Maluku Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Islam seperti sidiq, fatanah, amanah dan tabliq telah diterapkan pada kehidupan masyarakat pedagang yang ada di Pasar Gamalama Kota Ternate.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Quran al-Karim

Anwar, Muhammad. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi Cet. I; 2014.

Alma, Buchari. Manajemen Bisnis Syariah Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2009.

Alma, Buchari. Dasar-dasar Etika Bisnis Islam Cet II, Bandung: Alfabeta, 1994.

Ash, Shalah Shawi. dkk Fiqih Ekonomi Islam Cet. I; Jakarta: Darul Haq, 20013.

Aisah, BM. Antara Akhlak Etika dan Moral. Cet, I; Makassar: Alauddin Press, 2014.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIV; Jakarta: Renekacipta, 2010

Ali, Muhammad. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi

Ahmad, Kadir. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif

Abdullah, Ma’ruf. Manajemen Bisnis Syariah, Cet. I; Yokyakarta: Aswara Pressindo, 2014.

Arif, Muhammad Tiro. Masalah dan Hipotesis Penelitian Sosial-Keagamaan, Cet I; Makasar: Andira Publisher, 2005.

Al Arif. Nur Rianto, dan Euis Amalia, Teori Ekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional, Cet.1 Kencana Pradamedia Group, 2010

Al-Qusyairi, Muslim, Shahih Muslim, Juz 3,Dar Ihya al-Turas al-arabi,t.t

Karim. Aliwarman, dan Oni Sahroni, Riba, Gharar Dan Kaidah-Kaidah Ekonomi Syariah Analisis Fikih dan Ekonomi Cet.1.Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Afzalurrahman, Muhammad sebagai seorang Pedagang Cet, Ke IV. Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy, 200

Badroen, Faisal. Etika Bisnis dalam Islam, Cet. II; Jakarata: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Chapra, M Umar. dalam bukunya Idri, Hadis Ekonomi, dalam Perspektif Islam Hadis Nabi, Cet.I; Kencana, 2015

Dewi, Rika Ayu Parmitasari. Pengantar Bisnis, Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Darussalam, A. Etika Bisnis dalam Perspektif Hadis, Cet. I; Alauddin University Press, 2011.

Emzir. Analisa Data: Metodologi Penelitian Kualitatif Cet.1-3 Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Fauzan, Fauzia. Islamic Business Strategy For Entrepreneurship, Cet. I; Jakarta: Zikrul Hakim, 2006

Fauziah. Yunia. dan Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al- Syariah, Cet.3 Prenadamedia,2014

Harahap, S. Sopyan. Etika Bisnis dalam Perspektif Islam, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Hasyim. Farida, Hukum Dagang, Cet. ke 5; Jakarta: Sinar Grafika, 2014

Hakim. Lukman, Prinsip –Prinsip Ekonomi Islam Erlangga, Glora Aksara Pratama,2012

Ismail, Muhammad Yulianto. Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 2002.

Jusmaliani, dkk. Bisnis Berbasis Syariah, Cet. I; Jakarta : Bumi Aksara, 2008

J Moleoang, Lexi. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XVII; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002

Diterbitkan
2019-06-29
Bagian
Volume 5 Nomor 1 (2019)
Abstrak viewed = 4119 times