Mengukur Tingkat Kepercayaan Muzakki kepada Baitul Mal Aceh

  • Muhammad Haris Riyaldi Universitas Syiah Kuala
    (ID)
  • Mahda Yusra Universitas Syiah Kuala
    (ID)

Abstrak

Kepercayaan merupakan aspek yang penting dibangun di antara muzakki dan lembaga pengelola zakat dalam mengoptimalkan penghimpunan zakat. Penelitian ini mengukur tingkat kepercayaan muzakki kepada Baitul Mal Aceh sebagai lembaga pemerintah yang mengelola zakat di Aceh dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari muzakki yang membayar zakat di Baitul Mal Aceh dengan kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang muzakki yang dipilih berdasarkan teknik persampelan acak sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan muzakki kepada Baitul Mal Aceh tergolong sudah baik. Persepsi muzakki menunjukkan kecenderungan positif mengenai pengelolaan zakat di Baitul Mal Aceh. Diharapkan Baitul Mal Aceh untuk mempertahankan kepercayaan para muzakki sehingga dapat mengoptimalkan penghimpunan zakat di Aceh.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Armiadi. (2008). Zakat Produktif: Solusi Alternatif Pemberdayaan Ekonomi Umat. Banda Aceh: Arraniry Press.

Ash-Shiddieqy, MH. (2009). Pedoman Zakat. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Ghazali, MZ. Saad, RAJ. Wahab, MSA. (2016). A Conceptual Framework for Examining Trust towards Zakat Institution. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(S7).

Hafidhudddin, D. (2011). Peran Strategis Organisasi Zakat dalam Menguatkan Zakat di Dunia. Jurnal Al-Infaq, 2(1)

Hasrina, CD. Yusri. Agusti Sy, DR. (2018). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Zakat terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora, 2(1)

Inayah, Nurul. Zahrotul Muanisah. (2018). Hubungan Kepercayaan,Transparansi, dan Akuntabilitas terhadap Loyalitas Muzakki Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus di Kecamatan Tegalsari Banyuwangi). Activa: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2).

Lind, DA. Marchal, WG. Wathen, SA. (2019). Basics Statistics for Business and Economics (Ninth Edtion). New York: Mc.Graw Hill.

Luthfi, Hanif. (2018). Siapakah Amil Zakat?. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.

Mustafa, M.O.A. Mohamad, M.H.S. Adnan, M.A. (2013). Antecedents of Zakat Payers’ Trust in an Emerging Zakat Sector: An Exploratory Study. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 4(1).

Ma’fiyah. Yughi, SA. Awaluddin, T. (2018). Preferensi Muzakki dalam Memilih Membayar Zakat di Lembaga Zakat Formal. Al-Falah: Journal of Islamic Economics, 3(2).

Nasim, Arim & Romdhon, MRS. (2014). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat dan Sikap Pengelola terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus pada Lembaga Amil Zakat di Kota Bandung). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(3).

Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018

Rais, Isnawati. (2009). Muzakki dan Kriterianya dalam Tinjauan Fikih Zakat. Al-Iqtishad, 1(1).

Riyaldi, MH. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penerima Zakat Produktif Baitul Mal Aceh: Satu Analsis. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 1(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suma, MA. (2013). Tafsir Ayat Ekonomi (Teks, Terjemah dan Tafsir). Jakarta: Amzah.

Yousafzai, SY. John, GP.Gordon, RF. (2003). A Proposed Model of E-Trustfor Electronic Banking. Technovation, 23.

Diterbitkan
2020-07-10
Bagian
Volume 6 Nomor 1 (2020)
Abstrak viewed = 1454 times