Analisis Perilaku Pedagang Kaki Lima Menurut Tinjauan Etika Bisnis Islam
Abstrak
Pedagang kaki lima merupakan sekelompok orang (komunitas) yang menekuni perdagangan dalam sektor informal yang berbasis kerakyatan. Dalam prakteknya, sering ditemui perilaku pedagang kaki lima yang menyimpang dalam transaksi jual beli, seperti menjual produk yang berbahaya atau menyembunyikan kecatatan barang dagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perilaku pedagang makanan jajanan di Kota Banda Aceh ditinjau menurut etika bisnis Islam. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif analisis, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pedagang makanan jajanan di Kota Banda Aceh telah sesuai dengan etika bisnis Islam, seperti perilaku religius (tawḥid), keseimbangan (‘adl), kehendak bebas (ikhtiyār), tanggung jawab (farḍ), dan kebajikan (iḥsān).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, Kamal. (2007). Berbisnis dengan Cara Rasul, Bandung: Jembar.
Alma, Buchari. (1994). Ajaran Islam dalam Berbisnis, Bandung: Al-Fabeta.
Amalia, Fitri. (2013). “Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil”, Al-Iqtishad, Vol. 6, No. 1.
Arifin, Johan. (2009). Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press.
Aziz, Abdul. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam, Bandung: Alfabeta.
Cahyono, Heru. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, Jurnal Perbankan Syariah Jurnal EcoBankers, Vol.1 No.2.
Djakfar, Muhammad. (2008). Etika Bisnis Islami: Tataran Teoritis dan Praktis, Malang: UIN-Malang Press.
Farma, Junia dan Khairil Umuri. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam dan Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful, Jurnal Cakrawala, Jurnal Studi Islam, Vol. 15, No. 1.
Hasan, ALi. (2009). Manajemen Bisnis Syari’ah,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Azhasyah and Nor ‘Azzah Kamri. (2014). “Measuring The Islamic Work Ethics: An Alternative Approach,” dalam Nor ‘Azzah Kamri, dkk., Qur’anic Work Ethics, Journal of Usuluddin 40.
Issa Beekun, Rafik. (1997). Islamic Business Ethics, Herndon, Virginia: International Institute of Islamic Thought; Amana Pubns.
Karishma W, Yogiswara dan Tika Widiastuti. (2017). “Etika Bisnis Islam dalam Pengelolaan Bisnis di Pesantren Mukmin Mandiri” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol. 4 No. 6.
Lukman Fauroni, R (2006). Etika Bisnis dalam al-Quran, Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
M. Al-Groud, Latif dan Mervyn K. Lewis. (2001). Perbankan Syariah, Jakarta: PT.Serambi Ilme Semesta.
Muhammmad. (2004). Etika Bisnis Islami, Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan.
Muhammad dan Alimin. (2004). Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta: BPFE..
Muhammad dan Lukman Fauroni. (2002). Visi al-Qur’an: tentang Etika dan Bisnis, Jakarta; Salemba Diniyah.
Musa, Kamil. (2006). Ensiklopedi Halal Haram dalam Makanan dan Minuman, Solo: Ziyad Visi Media.
Musa Muzayin, Alwi. (2018). Perilaku Pedagang Muslim dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam (Kasus di Pasar Loak Kediri). Jurnal Qawanin, Vol. 2, No.1,
Muslich. (2004). Etika Bisnis Islam, Jakarta: Ekonisia.
Nawab Haider Naqvi, Syed. (2003). Menggagas Ilmu Ekonomi Islam, terj. M. Saiful Anam dan Muhammad Ufuqul Mubin, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nawatmi, Sri. (2010). “Etika Bisnis dalam Perspektif Islam” Fokus Ekonomi (FE), Vol. 9, No. 1.
Ramadhan, Sri. (2016). “Ruh Harga Psikologis terhadap Etika Bisnis”, Maqdis (Jurnal Kajian Ekonomi Islam), Vol. 1, No.1.
Suyanto, M. (2008). Muhammad Business Strategy and Ethics: Etika dan Strategi Bisnis Nabi Muhammad Saw., Yogyakarta: Andi.
Syafrudin, dkk. (2018). “Pemasaran Produk Distributor Outlet dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam”, Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam , Vol. 3, No. 2.
Sony Keraf, A (1998). Etika Bisnis, Tuntutan dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius.
Qardhawi, Yusuf. (1993). Norma-norma Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Press.