ANALISIS TINGKAT KECURANGAN DALAM TAKARAN DAN TIMBANGAN BAGI PEDAGANG TERIGU (STUDI KASUS DI PASAR SENTRAL MAROS)

  • Musfira Musfira FEBI UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ambo Asse FEBI UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui takaran dan timbangan yang dipergunakan penjual terigu sesuai dengan konsep ekonomi Islam di pasar sentral Maros dan untuk mengetahui apakah cara penggunaan takaran dan timbangan bagi pedagang terigu di pasar sentral Maros. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif pendekatan fenomologi dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan realitas pada objek penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Data penelitian ini diperoleh dari data primer berupa kata-kata dan sikap, data sekunder berupa literatur-literatur yang relevan serta mendukung pembahasan penelitian, dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara (Interview) langsung dengan pihak-pihak terkait.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih banyaknya kecurangan yang dilakukan para pedagang terigu di Pasar Sentral Maros. Hal ini juga di dukung karena kurangnya perhatian dari pemerintah atau lembaga keagamaan yang menyinggung atau mengangkat etika bisnis Islam menjadi sebuah sistem yang akan berdampak positif pada usaha yang mereka jalankan.

Dengan melihat fenomena banyaknya kecurangan di setiap transaksi bisnis, diharapkan agar pemerintah dalam hal ini Dinas terkait bersatu padu dengan para ulama atau akademisi dalam rangka merumuskan suatu rancangan tentang takaran dan timbagan Islam untuk diterapkan kepada para pelaku bisnis terutama para pedagang terigu di  pasar Sentral Maros.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah bin Abdurrahman bin al Fadhl bin Bahram bin Abdush Samad ad-Darimi, Ad Darimi, Kitab Jual Beli. Lidwa Pustaka i-Software-Kitab 9 Imam Hadist., hadist nomor. 2427.

A. Darussalam. Etika Bisnis dalam Perspektif Hadits. Cet. I; Alauddin University Press, Makassar, 2011).

Antonio, Muhammad Syafi’i. Syariah Marketing, Cet. III: Mizan Utama; Bandung, 2006.

Ayu. Hasil Wawancara Salah Seorang Pengelola Pasar di Dinas Koperindag Kabupaten Maros. Tanggal 2 Juni, 2015.

Badroen, Faisal dkk. Etika Bisnis dalam Islam, Cet. III: Fajar Interpratama; Jakarta, 2012.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2009.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Cordoba Internasional Indonesia, 2012.

-------, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1989.

Dg. Kanang. Hasil wawancara Salah Seorang Pembeli di Pasar Sentral Maros. Tanggal 05 Juni, 2015.

Gymnastiar, K.H. Abdullah. Menjemput Rezeki dengan Berkah, Penerbit Republika, Jakarta: 2003.

H. Mahmud. Hasil Wawancara Salah Seorang Pedagang Terigu di pasar Sentral Maros. Tanggal 30 Mei, 2015.

Hj. Sulaeha. Hasil wawancara Salah Seorang Pembeli di Pasar Sentral Maros. Tanggal 05 Juni, 2015.

I. Doi, A.Rahman. Penjelasan Lengkap Hukum-Hukum Allah. Cet. I; Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2007.

Ibu Ni’mah. Hasil wawancara Salah Seorang Pembeli di Pasar Sentral Maros. Tanggal 05 Juni, 2015.

Jusmaliani. Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Karim, Abdul. Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Jual Beli Minyak Wangi Eceran di Pasar Samarinda. Pemikiran Hukum Islam I, no. 1, 2013.

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga 2009.

Mannan, Abdul. Teori dan Praktek Ekonomi Islam, Yogyakarta: Dana Bhakti Primayasa, 1997.

Mujahidin, Akhmad. Ekonomi Islam. Cet. I; Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2007.

Naham, Taqyuddin. Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Islam, Cet I: Surabaya; Risalah Gusti, 1996.

Nata, Abdullah. Metodologi Studi Islam, Cet. IX; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Norma. Hasil wawancara salah seorang pedagang sembako di pasar Sentral Maros. Tanggal 31 Mei, 2015.

Ondeng, Syarifuddin. Teori-Teori Pendekatan Metodelogi Studi Islam, Makassar: Alauddin University Press, 2013.

Prawirosentono, Suyadi. Pengantar Bisnis Modern Studi Kasus Indonesia Dan Analisis Kuantitatif, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.

Rasyid, Harun. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak, 2000.

Romy, Soemitro. Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1990.

Rozalinda. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Cet. I: Raja Grafindo Persada; Jakarta, 2014.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Vol. 5; Lentera Hati, 2002.

Sudiono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Cet. XIV; Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiono. Hasil Wawancara Salah Seorang Pedagang Sembako di Pasar Sentral Maros. Tanggal 31 Mei, 2015.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 2002.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. Metode Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Suwandi, Siddiq. Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Jual Beli Ayam Potong di Pasar Pagi Samarinda. Pemikiran Hukum Islam I, no. 1, 2013.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Wahyuni, Tetti. Pemahaman Masyarakat terhadap Mekanisme Jual Beli secara Islami di Pasar Tradisional Malino. Skripsi, Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, 2014.

Yunus, Mahmud. Tafsir Qur’an Qarim. Cet. 73; PT> Hidaykarya Agung: Jakarta, 2004.

Diterbitkan
2017-04-27
Bagian
Volume 2 Nomor 1 (2016)
Abstrak viewed = 2163 times