PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PADA GIANT SUPERMARKET ALAUDDIN)
Abstrak
Pokok masalah penelitian ini adalah banyak produk kosmetik yang beredar dipasaran masih belum mencantumkan labelisasi halal dan masih ada konsumen muslim yang melakukan pembelian produk kosmetik dipengaruhi oleh faktor lain bukan karena pengaruh lebel halalnya. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui dampak dari labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk kosmetik di kota Makassar.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun variabel yang diteliti terdiri labelisasi halal sebagai variabel bebas dan keputusan konsumen membeli produk kosmetik sebagai variabel terikat. Data yang digunakan yaitu data primer dengan membagikan angket dilokasi penelitian pada Giant Supermarket Alauddin Makassar kemudian data diolah dengan menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan nilai R sebesar 0,558 menunjukan korelasi kuat, hal ini dikarenakan tingginya respon setuju responden terhadap label halal tersebut. Label halal kini menjadi pertimbangan penting konsumen terhadap pembelian produk kosmetik walau sebenarnya masih ada sebagian kecil responden yang kurang memperhatikan tentang label halal. Ini ditandai dengan nilai determinasi sebesar 31,2% yang berarti bahwa variabel labelisasi halal mampu memengaruhi variabel keputusan konsumen sebesar 31,2% sedangkan 68,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah Thamrin, Tantri Francis, 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Alma Buchari, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Amin Nurmi,”Kosmetik Halal”.http://HalalSehat.com. (21 Mei 2015).
Berman, Berry and Evans, R. Joel. 2007 . Retail Management A Strategic Approach. Ten Edition. Jakarta.
Bungin Burhan, 2009. Metodologi penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. Departemen Agama RI, 2007. Alquran Terjemahan. Jakarta: Mumtaaz Media Islami. Departemen Agama RI, 2008. Panduan Sertifikasi Halal. Bandung: Alfabeta.
Effendy, Uchjana Onong,2007. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Griffin Ricky W. , Ebert Ronald J., 2007. Bisnis edisi Ke-8. Jakarta: Erlangga.
Hasan Ali. 2008. Marketing . Yogyakarta: Media Utama.
Indriantoro Nur, Supomo Bambang, 2013. Metodologi Penelitian Bisnis (untuk akuntan dan managemen) edisi 1, Yogyakarta: BPFE.
Kotler Philip, 2003. Manajemen Pemasaran perspektif Asia. Yogyakarta. Media Utama
-------, 2002. Manajamen Pemasaran.. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
-------, A.B.Susanto, 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
-------, Amstrong, 2003. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat. Ma’ruf. Hendri 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. Muhammmad Suhardi, labelisasi halal . http:// slamic Ekonomic' Labelisasi Halal.htm (21 Mei 2015)
Nugroho Ridho, “Mengapa kosmetik berlabel halal penting”. http://Mengapa- Kosmetik-Berlabel-Halal-Penting.htm (21 Mei 2015)
Nugroho Setiadi, 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. III; Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmawati Vivi. “Pengaruh Atribut Produk dan Label Halal sebagai Variabel Moderating terhadap Keputusan Pembelian produk Kosmetik Wardah di Kota Semarang”, http://www.jurnal_13711.pdf. Tahun 2014.
Sinamora Henry, 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Cet. 1, Jilid 1; Jakarta: Salemba Empat.
Singarimbun, Masri dan Efendi Sofyan, 1995. Metode Penelitian Survai, Cet. II. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.
Sugiarto., 2001. Teknik sampling edisi 1. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
-------, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sujarweni V. Wiratna, 2014. SPSS untuk Penelitian. Jakarta: Penerbit Baru.
Sumarwan Ujang, 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran edisi 2. Cet; 1. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sunyoto Danang, 2012. Dasar-dasar manajemen Pemasaran Konsep, Strategi dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Yuli Mutiah Rambe dan Syaad Afifuddin. “ Pengaruh Pencantuman Label halal pada Kemasan Mie Instan terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim (studi kasus pada mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan)” Jurnal ekonomi dan Keuangan, vol. 1, No. 1.http://www.616-1851-1-PB.pdf. Tahun 2012.