Islamic Views on Online Shopping

  • Nur Apriyani STIMI YAPMI MAKASSAR
    (ID)

Abstrak

Jual beli merupakan perjanjian tukar-menukar barang/jasa yang memiliki nilai, antara 2 belah pihak dengan syarat yang dibenarkan oleh syara’. Syara adalah jual beli yang cocok dengan persyaratan, rukun, perihal lain yang terdapat kaitannya dengan jual beli. Manusia selaku makhluk sosial yang hidup bersama memerlukan satu sama lain. Hikmah dari jual beli bisa menolong manusia untuk kelangsungan hidupnya. Penelitian ini memakai kajian riset pustaka melalui novel, buku harian, serta literature yang lain untuk membentuk suatu landasan teori. Untuk menelaah sumber tertulis seperti buku harian ilmiah, literature, ensiklopedia, karangan ilmiah, sumber lain dalam tulisan ataupun dalam format digital yang relevan berhubungan objek yang sedang diteliti tentang online shop. Jual beli pada hakikatnya tidak hanya bertabiat konsumtif serta hanya memiliki faktor material untuk mendapatkan keuntungan di dunia, namun pula keuntungan hakiki di akhirat, pasti dengan mencermati prinsip jual beli yang diperbolehkan menurut syar’i. Dengan berkembangnya elektronik yang pengaruhi aspek kehidupan manusia, spesialnya dalam bertransaksi jual beli online melalui internet. Pertumbuhan teknologi mempermudah seseorang mengakses internet. Kemudahan ini dimanfaatkan dalam penuhi seluruh kebutuhan sehari-hari juga transaksi jual beli benda ataupun jasa lewat internet/online. Jual beli online diperbolehkan jika sesuai syariat Islam sepanjang tidak dirugikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

burhan bungin. (2019). Metodologi penelitian kualitatif: Aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer (burhan bungin (Ed.)). raja grafindo persada. uri: https://lib.ui.ac.id/detail?id=20199779
burhanuddin, S. (2008). Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. UII Press.
Dewi, G., Wirdyaningsih., & Barlinti, Y. S. (2005). Hukum perikatan islam di Indonesia. 246.
Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125
Fathoni, N. (2013). Konsep Jual Beli Dalam Fatwa DSN-MUI. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 51–82.
FIQH MUAMALAH Kajian Komprehensif Ekonomi Islam - Google Books. (n.d.). Retrieved December 15, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/FIQH_MUAMALAH_Kajian_Komprehensif_Ekonom/aAz5DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=qamarul+Huda+2012.+Fiqh+Muamalah.&pg=PA91&printsec=frontcover
Fiqih aktual : jawaban tuntas masalah kontemporer / Setiawan Budi Utomo; penyunting, Abu Hanifah | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved December 19, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=671216
Mardani. (2012). Fiqh ekonomi syariah : fiqh muamalah. 390. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ncDvDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=fiqh&ots=m6DSyHCbZ6&sig=GrzXjPwJV6isb-QWlQqT0GhoV70
Nur fitria, T. (2017). Bisnis Jual Beli Online(Online shop) Dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 03(2477–6157), 52–53.
Shabiran, L. M., & Herwanti, T. (2017). Etika bisnis pedagang pada jual beli telepon genggam bekas ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Maqdis Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 80–92.
Sugiyono. (2015). Memahami penelitian kualitatif (sugiyono (Ed.); 10th ed.). Alfabeta,.
Syaifullah, S. (2014). ETIKA JUAL BELI DALAM ISLAM. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 11(2), 371–387. https://doi.org/10.24239/JSI.V11I2.361.371-387
Wulannata, A. I. (2017). Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia,. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 133–144.
yusuf sofie. (2003). PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN INSTRUMEN HUKUMNYA. Citra Aditya Bakti.
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Volume 9 Nomor 1 (2023)
Abstrak viewed = 38 times