STRATEGI DAGANG YANG DITERAPKAN PEDAGANG SAYUR KELILING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI KECAMATAN MAPILLI KABUPATEN POLEWALI MANDAR SULAWESI BARAT

  • Purnama Purnama Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muslimin Kara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui strategi dagang yang diterapkan  oleh  para  pedagang  sayur  keliling  di  kecamatan  Mapilli  dan  apakah strategi yang diterapkan tersebut telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digunakan sebagai dasar dalam melakukan analisis data penelitian. Model Analisis data yang digunakan ialah uji Tri Angulasi teori dan data. Metode ini digunakan dengan cara membandingkan hasil wawancara mendalam yang dilakukan peneliti dengan kenyataan yang tejadi dilapangan. Hal tersebut berguna untuk   memberikan   perbandingan  data  diantara  objek  penelitian   yakni   antara pedagang itu sendiri dan konsumen. Hal ini sangat membantu peneliti dalam mengungkapkan fakta  sebenarnya yang terjadi di lapangan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam strategi dagang yang di terapkan oleh para pedagang sayur keliling di Kecamatan Mapilli diantaranya ; strategi dalam menetapkan harga, strategi dalam penjualan barang (produk), strategi dalam mencari pelanggang serta mempertahankan pelanggang dan strategi dalam pengambilan keuntungan. Berdasarka triangulasi yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa strategi dagang yang diterapkan oleh para pedagang sayur keliling belum sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.

Keywords: Strategi Dagang, Pedagang Sayur, Ekonomi Islam

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agoes Sukrisno, Etika Bisnis Dan Profesi, Jakarta : Salemba Empat, 2009.

Ali Zainuddin, Hukum Ekonomi Syariah, Cet 1, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Arijanto Agus, Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis, Cet. 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Assauri Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali, 2008.

Alma Buchari, Kewirausahaan, cet 16, Bandung: Alfabeta, 2010 .

Azizy Qodry, Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Badroen Faisal dan Mufraeni Arief. M, Etika Bisnis Dalam Islam, Cet 1, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Baharuddin Salam, Etika Social Asas Moral dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: Rineka Cipta,1997

Burgan Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2009.

Desjardins Joe dan Hartman P. Lauran, Etika Profesi Sanitarian dan Pengembangan Berwawasan Kesehatan, Cet 1 ; Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjermahannya. Jakarta, 2009.

Doi I Rahman A, Penjelasan Lengkap Hukum-Hukum Allah Syariah, Cet 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Fauzi Yunia Ika, Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Kencana Prenadsa Media Group, 2013

Hulwati, Ekonomi Islam, Cet 1, Kertamukti: Ciputra Press Group, 2006.

Ichsan Ahmad, Hukum Dagang, Cet.1, Jakarta: Pradnya Paramita, 1976.

Jusmaliana, Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Kuncoro, Mudrajad, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompotitif, Jakarta: Erlangga, 2006.

Kasmir, Kewirausahaan, Ed. 1, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Nasution, Edwin Mustafa dan Mufraeni Arief Muhammad, Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana Prenada, 2010.

Nur Rianto Al Arif, Pengantar Ekonomi Syariah Teori dan Praktik, Cet 1, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Soekardono, Hukum Dagang Indonesia, Jakarta: Dian Rakyat, 1983.

Sardjono, Agus, Pengantar Hukum Dagang, Cet 1, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Sukrisno, Agoes, Etika Bisnis dan Profesi, Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Todaro, Michael P, Ekonomi untuk Negara Berkembang, Ed. 3, Cet 1, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000.

Widijowati, Dijan, Hukum Dagang, Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

Yoeti Oka A, Pemasaran Pariwisata, Bandung: Angkasa, 1996.

Diterbitkan
2017-12-01
Bagian
Volume 3 Nomor 2 (2017)
Abstrak viewed = 724 times