PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA

  • Shandy Agung Universitas Cokroaminoto Palopo
    (ID)
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
    (ID)
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis media aplikasi geogebra pada materi geometri untuk meningkatkan HOTS siswa yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Luwu, sebanyak 30 siswa (kelas VIII A) pada uji lapangan awal dan 61 siswa (VIII E dan VIII F) pada uji lapangan utama. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Prosedur terdiri atas 7 langkah yaitu: (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi; (2) Perencanaan; (3) mengembangkan format awal produk; (4) uji lapangan awal atau uji coba terbatas; (5) merevisi produk utama; (6) melakukan uji lapangan utama; (7) diseminasi dan implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi perangkat pembelajaran; (2) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) lembar observasi aktivitas siswa; (4) angket respon siswa; dan (5) tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis media aplikasi geogebra pada materi geometri untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Abstract:

This study aimed to develop instructional media by applying Geogebra on the topic of geometry to enhance students’ higher order thinking skills. The subjects of the study were 30 seventh grade students of class A in SMP Negeri 2 Bua in the preliminary field testing and 61 eighth students of class E and F in the main field testing. The procedures of instructional media development consisted of seven steps which were (1) collecting information and preliminary study; (2) planning; (3) developing the preliminary form of the product; (4) testing the preliminary field; (5) revising main product; (6) testin main field; and (7) disseminating and implementing. Instruments used in the study were (1) validation sheet of instructional media; (2) observational sheet of learning implementation; (3) observational sheet of students’ activity; (4) questionnaire of students’ response; and (5) test of students’ learning outcome. Results showed that in improving students’ higher order thinking skill on the topic of geometry, Geogebra as an instructional media fulfilled the criteria of validity, practicality, and effectivity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. (2013). Penggunaan komputer untuk pembelajaran matematika. Madrasah, 5(1), 117–133. Retrieved from https://www.researchgate.net/

publication/304205739_penggunaan_komputer_untuk_pembelajaran_matematika.

Arsyad, N. (2016). Model pembelajaran menumbuh kembangkan kemampuan metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.

Azizah, F. R., Sujadi, I., & Chrisnawati, H. K. (2018). Penerapan problem based learning pada materi luas permukaan serta volume prisma dan limas ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(4), 298–306. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/vi

ew/22754.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170–176). Semarang. Retrieved from https://jour

nal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/

article/view/2345

Ma’rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67. Retrieved fromhttp://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/download/1053/919.

Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan geogebra dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 1–10). Yogyakarta. Retrieved from http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:eELRg4E5wJEJ:staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah%2B17%2BSemnas%2BLPM%2BUNY%2B2011%2B_Pemanfaatan%2BGeoGebra%2Bdalam%2BPembelajaran%2BMatematika_.pdf+&cd=2&hl=en&ct=clnk&gl=id&client=firefox-b-d.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan geogebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 6(2), 1–6. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/vie

w/3900.

Nur, F. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika kelas VII SMP berdasarkan model pembelajaran Kolb-Knisley berbantuan geogebra sebagai upaya meningkatkan higher-order thinking skill dan apresiasi siswa terhadap matematika. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 96–109. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2853.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 10–19. Retrieved from http://www.ejournal.unkhair.ac.id/index.php/

deltapi/article/viewFile/236/188.

Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The implementation of POE (Predict Observe Explain) model to improve student’s concept understanding on Newton’s law. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1), 55–57. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/120192/the-implementatio

n-of-poe-predict-observe-explain-model-to-improve-students-conc.

Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan media pembelajaran (modal) berbantuan geogebra pokok bahasan turunan. Al-Jabar: Jumal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/24.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 876–884). Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/arti

cle/view/20393.

Published
2019-12-16
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 1022 times